Saturday, October 28, 2017

Cara mengatasi Tanah Masam atau pH rendah

Tanah masam atau tanah yang mempunyai pH yang rendah menurut banyak sumber tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, oleh se... thumbnail 1 summary

Tanah masam atau tanah yang mempunyai pH yang rendah menurut banyak sumber tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, oleh sebab itu diperlukan cara agar bisa mengatasi hal tersebut.


Penukuran pH tanah
Ada beberapa cara mengatasi Tanah Masam atau pH rendah, adapun caranya adalah sebagai berikut,

1.Pengapuran


Pemberian kapur saat pengolahan lahan sangat diperlukan karena akan memberikan manfaat bagi tanah dan tanaman, selain untuk menetralkan pH tanah pengapuran juga merupakan upaya peninggkatan unsurhara, adapun tujuan diberikan kapur sebagai berikut,

a. Menaikkan pH tanah

Kadar pH dalam tanah dapat dinaikkan sampai pada tingkat netral atau dimana unsur Almunium (Al) tidak lagi bersifat racun bagi tanaman, selain itu unsur hara yang tersedia didalam tanah dalam kondisi yang seimbang.

b. Meningkatkan Kapasitas Tukar Kation (KTK)

KTK meningkat sebagai akibat dari peningkatan pH tanah. Namun peningkatan KTK ini juga bersifat tidak tetap, karena sistem penyangga pH tanah akan kembali kesemula namun dalam waktu yang cukup lama.

c. Menetralisir unsur Al yang meracuni tanaman.

Dengan menambahkan dolomit (Ca, Mg(CO3)2) merupakan cara yang lebih mudah, Pemberian kapur seperti ini memerlukan pertimbangan yang seksama mengingat pemberian Ca dan Mg akan mengganggu keseimbangan unsur hara yang lain. Tanaman bisa dapat tumbuh dengan baik, jika terdapat Ca/Mg/K dengan takaran yang tepat. Penambahan Ca atau Mg seringkali malah mengakibatkan tanaman menunjukkan gejala kekurangan K, walaupun jumlah K sebenarnya sudah cukup di dalam tanah. Masalah ini menjadi semakin sulit dipecahkan, jika pada awalnya sudah terjadi kahat unsur K pada tanah tersebut.

2. Hindari penggenangan/perbaikan Drainase.


Air memang sangat dibutuhkan oleh tanaman, namun jika terus menerus dilakukan penggenangan sangat tidak baik bagi tanaman, selain dari itu dengan penggenangan terus menerus bisa mengakibatkan tanah menjadi masam, oleh sebab itu segeralah perbaiki drainase atau gunakan metode pengeringan.

3. Pemberian pupuk Phospat


Tanah masam mempunyai beberapa kendala terhadap kesuburan tanah, salah satunya adalah kekurangan unsur P, karena itu tanah masam sangat memerlukan unsur P dengan takaran tinggi dengan tujuan memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas dari tanaman. Untuk mengatasinya tanah masam bisa diberikan pupuk P seperti TSP, SP-36, SSP, DAP (Diamonium Fosfat).

4. Pemberian tambahan Mikroorganisme Pengurai.


Pemberian oraganik memang sangat membantu kesuburan tanah, namun jika bahan organik tersebut belum terurai sempurna akan memancing tanah menjadi masam, oleh karena itu sangat diperlukan tambahan mikroorganisme pengurai. Pemberian mikroorganisme pengurai akan mempercepat dekomposisi bahan organik dalam tanah sehingga akan membantu ketersediaan dan keseimbangan unsur hara. Selain itu perombakan bahan organik juga akan menyeimbangkan KTK (Kapasitas tukar katioj tanah.

Demikian Cara mengatasi Tanah Masam atau pH rendah, selalu kontrol tanah pada kadar pH normal karena salahsatu meningkatkan produktivitas tanaman yakni tetap menjaga pH tanah yang Netral.

No comments

Post a Comment