Sunday, October 1, 2017

Apa sih Beras Premium itu?

Mungkin kita sudah sering mendengar apa itu beras premium, namun apakah kamu tahu apa sih beras premium itu? beras yang biasanya kita tem... thumbnail 1 summary

Mungkin kita sudah sering mendengar apa itu beras premium, namun apakah kamu tahu apa sih beras premium itu? beras yang biasanya kita temui disupermarket dan ditoko-toko ritel ternama ini dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan harga beras yang umumnya dijual diwarung dan pasar-pasar tradisional.


Apa itu Beras Premium
Beras premium mempunyai kualitas kandungan yang terbaik, adapun kriteria dari beras premium adalah sebagai berikut

Kandungan
Persentase %
Kandungan beras kepala sebesar minimal
95%
Beras patah maksimal
5%
Derajat sosoh
100%
Kadar air beras maksimal
14%


Keterangan :

1.     Beras kepala didefinisikan sebagai butir beras yang minimal berukuran 0,8 bagian dari butir beras utuh.
2.     Sebaliknya, beras patah didefinisikan sebagai butiran beras dengan ukuran 0,2 – 0,8 bagian dari butir beras utuh.
3.     Jika butir patah itu lebih kecil dari 0,2 bagian dari butir beras utuh, maka butiran ini disebut dengan menir.
4.     Derajat sosoh didefinisikan sebagai banyaknya kulit ari (lapisan aleurone) beras yang terkelupas pada saat penyosohan.

Baca Juga : Beras Medium itu apa ?

Nah.. demikian kriteria beras yang dinamakan beras premium, untuk mendapatkan kualitas beras premium tentunya perlu ada perlakuan khusus baik dari cara pengawasan mutu kualitas, panen dan pasca panen maupun teknik budidayanya itu sendiri. Demikian artikel tentang pengertian singkat tentang beras premium.

No comments

Post a Comment