Saturday, October 14, 2017

5 Dampak Negatif penggunaan Pestisida Kimia

Dewasa ini penggunaan pestisida kimia seolah menjadi cara yang pertama untuk membunuh hama yang menyerang. Dosis yang digunakan pun seola... thumbnail 1 summary

Dewasa ini penggunaan pestisida kimia seolah menjadi cara yang pertama untuk membunuh hama yang menyerang. Dosis yang digunakan pun seolah tidak diperdulikan lagi yang penting hama bisa dikendalikan.


Dampak negatif Pestisida Kimia
Dari penggunaan hal diatas mungkin bisa mengendalikan hama secara instan namun apakah sadar bahwa dwngan penggunaan pestisida nabati ini dapat berdampak negatif terhadap ekosistem dan bahkan bagi manusia itu sendiri, berikut ini adalah dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan pestisida kimia menurut versi blog Sampul Pertanian, diantaranya
  1. Penggunaan Pestisida kimia tidak hanya membunuh hama pada tanaman tetapi juga dapat membunuh predator dan parasit yang merupakan musuh alami dari hama itu sendiri
  2. Penggunaan Pestisida kimia yang berlebih akan menimbulkan residu pada tanah sehingga tanah tidak sehat dan subur lagi yang disebabkan matinya makhluk hidup pengurai yang ada didalam tanah dan yang lebih berbahaya adalah residu yang menempel pada buah dan sayuran yang tentunya berbahaya bagi manusia.
  3. Pestisida kimia sangat berbahaya untuk manusia, ternak, lebah, ikan tidak sedikit yang menyemprot pestisida keracunan dan mengakibatkan serangga menjadi resisten terhadap pestisida sehingga pengendalian dengan dosis yang lebih tinggi.
  4. Biaya yang dikeluarkanuntuk membeli pestisida kimia tidaklah murah tidak sedikit pestisida kimia yang bernilai ratusan ribu yang hanya berukuran beberapa cc saja.
  5. Penggunaan pestisida kimia harus hati-hati, seperti membuang bekas kemasan bisa jadi meracuni ternak dan ikan atau bahkan dimainkan oleh anak-anak.
Nah.. sekarang sudah taukan dampak negatif apasaja yang ditimbulkan dari penggunaan pestisida kimia. Mulai sekarang mari kita bijak menggunakan pestisida kimia dan memulai mencoba menggunakan pestisida nabati yang ramah lingkungan.

No comments

Post a Comment