Friday, October 27, 2017

4 Dampak Negatif pH Tanah Asam atau Masam terhadap tanaman

Dampak Negatif pH Tanah Asam atau Masam terhadap tanaman - Dipostingan sebelumnya kita sudah menuliskan tentang pengertian dari tanah mas... thumbnail 1 summary

Dampak Negatif pH Tanah Asam atau Masam terhadap tanaman - Dipostingan sebelumnya kita sudah menuliskan tentang pengertian dari tanah masam, sekarang apa pengaruh tanah masam bagi tanaman,


Pengukuran pH tanah
Sudah kita ketahui bahwa tanah masam itu mempunyai kadar pH yang rendah, biasa nya dikategorikan tanah masam itu dari mulai kadar pH kurang dari 7 sedangkan pH lebih dari 7 disebut basa.

Memang ada sebagian tanaman yang tumbuh baik di kadar pH yang rendah, namun tanaman umumnya yang kita budidayakan di Indonesia bisa tumbuh baik pada pH yang netral atau pH normal, berikut ini dampak negatif pH masam terhadap pertumbuhan tanaman.
  1. Ketersediaan unsur hara bagi tanaman turun.
  2. Meningkatkan unsur-unsur yang beracun bagi tanaman.
  3. Penurunan hasil produksi tanaman.
  4. Meningkatnya mikroorganisme dalam tanah seperti jamur dan bakteri pengurai bahan oraganik.
Demikian 4 Dampak Negatif pH Tanah Asam atau Masam terhadap tanaman, sebenarnya masih ada hal yang lainnya oleh sebab itu diperlukan sebelum dilakukan penanaman sebaiknya dilakukan pemberian kapur disaat pangolahan tanah.

No comments

Post a Comment