Saturday, October 14, 2017

3 Golongan jenis Hama Serangga dilihat dari gejala yang ditimbulkan

Jenis Hama Serangga - Dalam dunia pertanian, terutama dalam bidang budidaya kita seringkali mengenal dengan istilah hama, umumnya hama di... thumbnail 1 summary

Jenis Hama Serangga - Dalam dunia pertanian, terutama dalam bidang budidaya kita seringkali mengenal dengan istilah hama, umumnya hama digolongkan menjadi beberapa jenis baik itu hama serangga, tikus bahkan hama lainnya seperti burung dll.


Hama Aphids
Hama serangga sendiri dapat digolongkan menjadi 3 golongan jenis hama dilihat dari gejala kerusakan yang ditimbulkan, berikut ini adalah 3 golongan jenis hama tersebut sesuai kerusakan yang ditimbulkan.

1. Serangga yang menggigit tanaman dari luar.

Jenis hama serangga ini merusak bagian dari tanaman dari luar, dari mulai akar, batang, daun sampai pada bunga dan buah. Hama ini menyerang dengan cara menggerogoti bagian-bagian tanaman yang ia suka. Adapun beberapa contoh hama yang menggigit tanaman dari luar dilihat dari bagian yang dirusaknya adalah

Bagian Akar : larva dari kumbang Tenebrionidae dan Melolonthinae (uret), rayap, anjing tanah.
Bagian Batang : Jangkrik, ulat Agrotis dan Rayap
Bagian Daun : Ulat Nympula depunctalis, Belalang dan sebagian dari jenis kumbang
Bagian Bunga dan Buah : Kelompok kumbang dari sub famili Cetoniinae dan Melolonthinae.

2. Serangga yang menggigit tanaman dari dalam.

Jenis hama serangga ini merusak tanaman dari dalam dengan cara memakan atau menggerogoti bagian dalam tanaman sehingga tanaman akan mengalami terganggu pada pertumbuhannya bahkan akan mati, berikut ini adalah bagian tanaman yang diseramjg hama serangga mengigit dari dalam.

Bagian Akar : Hama yang merusak akar sebenarnya berasal dari batang yang turun ke bagian akan yang menyebabkan Tanaman mulai layu, chlorosis, tumbuh kurang subur dan kayu xylem rusak bisa mati.
Bagian Batang : Penggerek batang pada tanaman padi, Duomitus ceramicus pada tanaman jati dan Zeuzera coffeae pada tanaman kopi.
Bagian Daun : Phyllocnistis citrella (jeruk), Acrocercops coffeifolialla (kopi), Caloptilia theivorae (teh), Cosmopteryx pallidifasciella (tebu).
Bagian Bunga dan Buah : Lalat buah, Acrocercops cramerella (coklat), Etiella zinckenella (polong leguminosae), Mudaria variabilis (randu) dan Heliothis armigera (jagung).

3. Serangga yang menghisap

Hama serangga dengan jenis penghisap ini sangat berbahaya, selain dapat merusak tanaman yang diserangnya, hama ini juga bisa menjadi sebagai vektor dari penyakit atau virus pada tanaman, seperti kerdil rumput. Adapun contoh hama serangga dari jenis penghisap diantaranya. Nephotettix spp (wereng hijau), Sogata spp dan Nilaparvata lugens (wereng coklat) dan lain-lain.

Baca juga :

Demikian artikel tentang 3 Golongan jenis Hama Serangga dilihat dari gejala yang ditimbulkan, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat. Akhir kata terimakasih dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment