Saturday, September 30, 2017

Tips memutus siklus penyebaran virus kerdil rumput pada tanaman padi

Kerdil Rumput, ini merupakan dimana kondisi tanaman padi telah terinfeksi virus dari hama wereng coklat, tanaman padi yang terinfeksi vir... thumbnail 1 summary

Kerdil Rumput, ini merupakan dimana kondisi tanaman padi telah terinfeksi virus dari hama wereng coklat, tanaman padi yang terinfeksi virus kerdil rumput ini hampir sama dengan kondisi pada umumnya tanaman padi yang sehat yang memiliki daun hijau dan terlihat subur namun pada tanaman yang terkena virus kerdil rumput ini tanaman tidak akan tumbuh seperti normal layaknya tanaman padi yang sehat.


Virus Kerdil Rumput
Ciri-ciri tanaman padi yang terinfeksi virus kerdil rumput adalah, tanaman padi akan mengalami penghambatan pertumbuhan, seperti tanaman akan terlihat kerdil atau menyerupai rumput dengan banyak anakan naman tinggi tanaman tidak meninggi atau kerdil, selain dari itu tanaman padi yang terkena kerdil rumput akan mempunyai daunnya sempit, pendek, kaku, hijau pucat dan mempunyai bercak pada daun seperti karat juga malai yang keluar sangat jarang antara 1-3 malai saja itupun pertumbuhan malai tidak sempurna.

Penyebab terjadinya kerdil rumput adalah Wereng Coklat, hama yang mempunyai nama latin Nilaparvata lugens menyebarkan atau menginfeksi tanaman diwaktu tanaman masih muda sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terganggu, untuk mengendalikan atau memutus rantai virus ini diperlukan beberapa langkah salah satunya memilih varitas padi yang tahan terhadap hama wereng coklat, untuk lebih lengkap berikut tips untuk memutus siklus penyebaran virus kerdil rumput menurut Puslitbang Tanaman Pangan,

  1. Tanam Serempak : Tanam serempak dalam satu hamparan, minimal pada luasan 25 hektar.
  2. Rotasi Tanam atau Pergiliran pola tanam : Jika ketersediaan air irigasi tidak mencukupi untuk tanam padi, dapat ditanam palawija berumur genjah Kacang Hijau (Vima 1,2,3) Kacang Kedelai (Gema dan Grobogan).
  3. Hindari sumber infeksi : Sanitasi lahan atau Eradikasi pertanaman terserang virus serta memusnahkan residu/sisa tanaman sakit (terinfeksi) sebelumnya.
  4. Gunakan varietas padi tahan terhadap wereng dan virus : Varietas padi yang tahan terhadap hama WBC atau Wereng batang coklat seperti Inpari 13, Inpari 33 dan Inpari 42 sedangkan Varietas tahan virus seperti varietas Inpari 2, Inpari 13 dan varietas Situ bagendit.

Demikian artikel tentang tips untuk memutus siklus penyebaran virus kerdil rumput menurut Puslitbang Tanaman Pangan. Kunjungi terus blog sampul pestanian dan akhir kata terima kasih. Salam pertanian.

No comments

Post a Comment