Wednesday, August 16, 2017

PESTISIDA NABATI dari bahan Rumput Putri Malu (Mimosa pudica)

Rumput Putri malu merupakan gulma yang mampu tumbuh dengan baik di ladang dan pekarangan, Gulma yang mempunyai bunga yang berwarna merah ... thumbnail 1 summary

Rumput Putri malu merupakan gulma yang mampu tumbuh dengan baik di ladang dan pekarangan, Gulma yang mempunyai bunga yang berwarna merah muda dan berduri dibagian batangnya ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati tepatnya sebagai fungisida.


Putri malu (Mimosa pudica)
Rumput Putri malu bisa digunakan sebagai bahan pestisida nabati karena mengandung senyawa mimosin, tanin, asam pipekolinat, alkaloid dan saponin, selain dari itu juga terkandung triterpenoid, polifenol, sterol dan flavonoid. Bagian tanaman yang dipakai adalah seluruh bagian seperti akar, daun, bunga dan lain-lain.

CARA MEMBUAT FUNGISIDA ALAMI DARI RUMPUT PUTRI MALU


Cara membuatnya pertama siapkan 10kg tumbuhan putri malu dan air bersih sebanyak 5 liter adapun alat yang diperlukan pisau, blender atau penumbuk, saringan dan alat-alat penunjang lainnya seperti ember, pengaduk dll.

Setelah bahan dan alat siap sekarang kita melangkah ketahap berikutnya, cuci bersih tumbuhan putri malu, setelah itu tumbuhan dicacah atau di tumbuk atau diblender hingga halus, kemudian rendam dalam air selama 24jam.

Saat digunakan saring dan semprotkan keseluruh bagian tanaman yang terserang pada waktu pagi atau sore hari, sasaran yang dituju untuk dikendalikan adalah busuk buah dan altermaria.

No comments

Post a Comment