Friday, August 11, 2017

PESTISIDA NABATI dari bahan Rumput Hareuga atau Ajeran (Bidens pilosa L.)

Rumput Hareuga atau sering disebut dengan nama Rumput ajeran ini merupakan salahsatu tumbuhan yang bisa dijadikan bahan untuk pestisida or... thumbnail 1 summary

Rumput Hareuga atau sering disebut dengan nama Rumput ajeran ini merupakan salahsatu tumbuhan yang bisa dijadikan bahan untuk pestisida organik atau pestisida nabati, rumput jenis ini sering ditemui ditanah-tanah kosong dan dipinggiran jalan namun terkadang tumbuhan ini sengaja ditanam untuk dijadikan tanaman hias karena mempunyai bunga yang cukup menarik.


Rumput Hareuga atau Ajeran (Bidens pilosa L.)
Tumbuhan yang mempunyai nama latin Biden pilosa L. ini sering dianggapsebagai gulma pada ladang-ladang milik petani namun manfaat yang terkandung didalamnya ternyata bisa dijadikan sebagai bahan untuk pestisida nabati. 

Bahan yang terkandung didalam rumput ajeran atau rumput hareuga ini mengandung flavonoid, terpen, fenipropanoid, lemak dan benzenoid yang bersifat sebagai Insektisida alami, hama yang bisa dikendalikan adalah seperti kutu daun, ulat tanah dan jenis hama tungau.

CARA PEMBUATAN PESTISIDA NABATI DARI RUMPUT AJERAN ATAU HAREUGA


Siapkan 0,5-1kg rumput ajeran atau rumput hareuga, kemudian rumput dirajang hingga lembut setelah itu rendam hasil rajangan rumput ajeran kedalam air sebanyak 1-2 liter selama 24jam, kemudian air hasil rendaman disaring sampai getah yang terdapat didalam nya keluar. Untuk pemakaian tambahkan sabun atau deterjen secukupnya dengan tujuan sebagai perekat. Semprotkan keseluruh bagian tanaman atau bisa juga disiramkan ke tanah disekitar tanaman.

No comments

Post a Comment