Tuesday, August 15, 2017

PESTISIDA NABATI dari bahan MENGKUDU (Morinda citrifolia)

Mengkudu atau Cangkudu siapa yang tidak mengenalnya, ya.. tanaman yang identik dengan tanaman herbal ini mempunyai aroma yang cukup khas ... thumbnail 1 summary

Mengkudu atau Cangkudu siapa yang tidak mengenalnya, ya.. tanaman yang identik dengan tanaman herbal ini mempunyai aroma yang cukup khas pada buahnya, buah mengkudu yang sudah matang memiliki aroma busuk dan sangat menyengat.


Mengkudu (Morinda citrifolia)
Tanaman yang mempunyai nama latin Morinda citrifolia selain bermanfaat sebagai obat, ternyata bisa juga dijadikan bahan baku pembuatan pestisida nabati terutama sebagai insektisida. Bagian yang bisa di gunakan adalah buah, daun dan akar tanaman mengkudu.

Kandungan terdapat dalam tanaman mengkudu yang sangat bermanfaat adalah kandungan zat Proxeronin, Xeronin, Antraquinan dan scopoletin. Kandungan tersebut terdapat di tiap bagian tanaman seperti buah, daun dan akar tanaman.

CARA PEMBUATAN PESTISIDA NABATI DARI BAHAN MENGKUDU


Membuat pestisida nabati dari bahan mengkudu terlebih dahulu kita menyiapkan bahan dan alat, adapun bahan dan alatnya adalah sebagai berikut,

Bahan yang diperlukan :

1. Buah Mengkudu matang 5-6 buah
2. Daun Sirsak 10 lembar
3. Tembakau
4. Sabun atau Detergen 1 sendok
5. Air bersih 5 liter

Alat yang digunakan :

1. Tumbukan atau Blender
2. Saringan
3. Ember
4. Alat penunjang lainnya.

Cara pembuatannya cukup sederhana, semua bahan seperti Buah mengkudu, daun Sirsak, Tembakau di tumbuk atau diblender hingga halus, setelah itu tambahkan air aduk hingga rata yang terakhir tambahkan sabun atau detergen aduk kembali.

Penggunaannya, semprotkan pestisida nabati ini keseluruh bagian tanaman yang terserang hama, sasaran hama yang dituju adalah Ulat daun kubis (P. xylotsella).

No comments

Post a Comment