-->
PESTISIDA NABATI dari bahan Kunyit (Curcuma domestica)

PESTISIDA NABATI dari bahan Kunyit (Curcuma domestica)

Kunyit atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Curcuma domestica ini mempunyai beribu manfaat bagi kita, manfaat kunyit selain untuk kesehatan tubuh kita ternyata bisa juga digunakan sebagai pestisida nabati yang berfungsi sebagai insektisida, fungisida dan untuk mencegah hama datang (repellent).


Kunyit (Curcuma domestica)
Kandungan yang terdapat didalam rimpang kunyit cukup melimpah, seperti Kurkumin, Sikurkumin, Demetoksikurkumin, Volatil oil (Keton sesuiterpen, Tumeon, Zingiberen, Felandren, Sabinen, Borneol dan Sineil).

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI DARI BAHAN KUNYIT


Cara membuat pesnab dari bahan kunyit terlebih dahulu kita harus menyiapkan rimpang kunyit sebanyak 20-30gram, kemudian rimpang kunyit diparut atau ditumbuk hingga halus. Langkah berikutnya rendam parutan atau tumbukan kunyit kedalam urine sapi sebanyak 200-300 ml, jika mau digunakan tambahkan 2-3 liter air dan 1 sendok detergen aduk hingga merata. Penyemprotan dilakukan ke seluruh bagian tanaman yang terserang hama pada pagi atau sore hari. Sasaran OPT yang dituju adalah Kutu daun, Ulat jengkal, Ulat tanah, Tungau, Belalang, Penggerek batang Embun tepung.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments