Tuesday, August 15, 2017

PESTISIDA NABATI dari bahan JAWER KOTOK (Coleus scutellarioides L. Benth)

Jawer kotok merupakan salahsatu tanaman yang mampu tumbuh liar, namun beberapa orang sering menanamnya di pekarangan sebagai tanaman hias... thumbnail 1 summary

Jawer kotok merupakan salahsatu tanaman yang mampu tumbuh liar, namun beberapa orang sering menanamnya di pekarangan sebagai tanaman hias karena tumbuhan jawer kotok mempunyai warna daun yang merah.


Jawer kotok (Coleus scutellarioides L. Benth)
Selain dari itu, tanaman yang mempunyai nama latin Coleus scutellarioides L. Benth ini bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan pestisida nabati dengan sasaran sebagai fungisida atau pengendali jamur.

Senyawa yang terkandung didalam tumbuhan Jawer kotok seperti Etil Salisilat, Alkaloid, Metil eugenol, Karvakrol, Timol dan Mineral merupakan senyawa kimia yang sangat bermanfaat.

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI DARI BAHAN JAWER KOTOK


Pembuatan pestisida dari Jawer kotok terbilang sederhana, hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah siapkan 5 kg daun Tanaman Jawer kotok, 5 Liter air dan alat penunjang lainnya seperti penumbuk, saringan dll.

Cara membuatnya, terlebih dahulu cuci bersih daun Jawer kotok kemudian tumbuk hingga halus, setelah itu remas-remas hingga keluar getah dan air menjadi keruh kemudian saring. Hasih larutan dapat di aplikasikan pada seluruh tanaman yang terserang pada waktu pagi hari, sasaran yang dituju adalah Alternaria Cercospora.

Demikian artikel tentang cara membuat pestisi nabati dari bahan tanaman Jawer kotok, semoga artikel ini bisa membantu dan menambah pengetahun tentang pestisida terutama pestisida nabati, akhir kata selamat mencoba dan terima kasih.

No comments

Post a Comment