Wednesday, August 16, 2017

PESTISIDA NABATI dari bahan Daun SIRSAK (Annona muricata, Linn.)

Sirsak atau dalam bahasa ilmiah disebut Annona muricata Linn. Merupakan salahsatu buah-buahan yang mengandung vit C yang melimpah, bukan... thumbnail 1 summary

Sirsak atau dalam bahasa ilmiah disebut Annona muricata Linn. Merupakan salahsatu buah-buahan yang mengandung vit C yang melimpah, bukan itu saja ternyata daunnya pun bisa dijadikan obat herbal atau bahkan bisa dijadikan bahan pembuatan pestisida nabati.


Pestisida nabat daun sirsak (Annona muricata, Linn)
Didalam daun sirsak mengandungan kandung senyawa Fitosterol, Tanin, Ca-oksalat clan Alkaloid murisine yang sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan pestisida nabati.

Pestisida nabati berbahan baku daun sirsak berjenis insektisida atau racun serangga yang bersifat racun kontak juga bisa sebagai penolak (repellent) dan penghambat nafsu makan (antifeedant) pada hama khususnya hama serangga.

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI DARI DAUN SIRSAK


Langkah pertama untuk membuat pestisida nabati dari bahan daun sirsak adalah 100gram daun sirsak, 1 sendok sabun dan air sebanyak 5 liter, setelah bahan tersedia langkah selanjutnya adalah tumbuk daun sirsak hingga halus, setelah halus aduk dengan air dan tambahkan sabun atau detergen kemudian diamkan selama 24jam. Larutan dapat dicampur air dengan perbandingan 1liter larutan diencerkan dengan 10-15 liter air. Sasaran hama yang dituju adalah Hama tripsg

No comments

Post a Comment