Friday, August 11, 2017

PESTISIDA NABATI dari bahan Akar tuba (Derris elliptica (Wallich) Benth)

Tumbuhan Tuba atau dalam bahasa ilimah disebut dengan Derris elliptica ini merupakan jenis tumbuhan yang merambat, tumbuhan ini banyak d... thumbnail 1 summary

Tumbuhan Tuba atau dalam bahasa ilimah disebut dengan Derris elliptica ini merupakan jenis tumbuhan yang merambat, tumbuhan ini banyak ditemukan hampir diseluruh wilayah Nusantara.


Akar Tuba (Derris elliptica (Wallich) Benth)
Tumbuhan tuba memiliki kandungan bahan kimia seperti deguelin, elliptone, rotenon dan toxicarol yang efektif digunakan sebagai racun ikan dan serangga, kandungan bahan kimia tersebut paling banyak terletak pada kulit akar tumbuhan tersebut.

Penggunaan racun pada tumbuhan tuba dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati untuk mengendalikan berbagai macam jenis serangga seperti ulat daun, kutu kebul, kutu daun, tungau dan bahkan bisa mengendalikan hama keong mas. Sifat racun yang terkandung akar tuba ini bisa dijadikan racun kontak yang menyebabkan hama akan berhenti makan dan dapat menyebabkan kematian pada hama dalam beberapa jam saja.

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI DARI BAHAN AKAR TUBA


Cara membuat pestisida dari bahan organik seperti dengan akar tuba ini cukup sederhana, sebelum melangkah cara pembuatan terlebih dahulu kita menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan,

BAHAN


1. Akar tuba sebanyak 1kg
2. Detergen atau Sabun colek 1 sendok teh
3. Air 10 liter

ALAT


1. Pisau
2. Penumbuk/Blender
3. Ember/wadah penampung
4. Saringan

CARA PEMBUATAN


Tumbuk akar tuba hingga hancur dan mengeluarkan getah, kemudian hasil tumbukan tadi rendam dalam air sebanyak 20 liter selama kurang lebih 3 hari, setelah masa perendaman selesai tambahkan 1 sendok sabun/detergen kemudian aduk hingga merata. Sebelum digunakan saring larutan akar tuba tadi dan semprotkan pada tanaman yang terserang hama. Sifat racun dari akar tuba berspektrum atau meluas dan merata.

Demikian artikel tentang pestisida nabati dari akar tuba dan cara pembuatanya, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan terutama pengetahun tentang pestisida nabati, akhir kata kami ucapkan terima kasih dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment