Thursday, July 20, 2017

Pestisida Nabati (Pengertian, Sifat dan Fungsi)

Pestisida Nabati (Pengertian, Sifat dan Fungsi) - Pestisida atau Racun kata tersersebut sering kita dengar terutama di bidang pertanian, ... thumbnail 1 summary

Pestisida Nabati (Pengertian, Sifat dan Fungsi) - Pestisida atau Racun kata tersersebut sering kita dengar terutama di bidang pertanian, fungsi dasar pestisida sebenarnya adalah untuk mengendalikan OPT atau organisme pengga tanaman.


Pengertian Pestisida nabati
Pestisida ini terbagi 2 macam diantaranya pestisida kimia yang berarti pestisida berbahan aktif dari kimia dan pestisida nabati yakni pestisida yang berbahan aktif dari tumbuh-tumbuhan.

PENGERTIAN PESTISIDA NABATI

Pestisida nabati adalah pestisida atau racun yang terbuat dari bagian tumbuhan seperti akar, daun, bunga, buah dll yang mengandung senyawa bioaktif seperti alkaloid, terpenoid, fenolik dan zat kimia lainnya. Senyawa bioaktif tersebut apabila diaplikasikan tidak akan mempengaruhi tanaman baik proses fotosintesis maupun secara fisiologis dari tanaman, namun akan berpengaruh terhadap keseimbangan hormon, sistem saraf, reproduksi, perilaku berupa penarik, amjti makan dan sistempernafasan dari OPT atau Organisme pengganggu tanaman.

SIFAT dan FUNGSI PESTISIDA NABATI

Pestisida nabati atau disingkat dengan nama Pesnab mempunyai sifat dan fungsi sebagai berikut:
  1. Sebagai penghambat nafsu makan (anti feedant) bagi OPT
  2. Sebagai penolak (repellent)
  3. Sebagai penarik (atractant)
  4. Sebagai penghambat perkembangan
  5. Pengaruh langsung sebagai racun
  6. Mencegah OPT untuk meletakan telur


Demikian artikel tentang Pestisida Nabati baik secara pengertian maupun sifat dan fungsi nya, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda, akhir kata terima kasih dan salam pertanian.

No comments

Post a Comment