Tuesday, July 4, 2017

Mengenali ciri-ciri Ikan yang masih segar

Yang tidak makan ikan saya tenggelamkan, kalimat yang di ucapkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ini menjadi viral di int... thumbnail 1 summary

Yang tidak makan ikan saya tenggelamkan, kalimat yang di ucapkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ini menjadi viral di internet karena begitu pentingnya kita harus makan ikan. Ikan selain pengganti protein hewani dari ayam, harganya pun relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan ayam, sehingga kita bisa mendapatkan protein hewani namun dengan harga yang terjangkau.


Ciri Ikan masih segar atau fresh
Banyak jenis ikan yang dijual dipasaran, dari mulai ikan yang dibudidayakan maupun ikan yang di ambil oleh para nelayan dilaut. Berhubung ikan termasuk jenis bahan masakan yang cepat berubah keadaan nya atau katalain cepat busuk, jadi untuk pengangkutannya diperlukan pendingin atau es untuk mengawetkannya, terutama untuk perlakuan ikan laut.

Untuk mengkonsumsi ikan disarankan dalam posisi ikan masih segar, agar nutrisi yang terkandung didalamnya masih tetap baik, lantas apa saja yang bisa kita ketahui dari ciri-ciri ikan yang masih segar?  Adapun ciri-ciri ikan yang masih segar atau fresh menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Mata pada Ikan

Ikan yang masih segar mempunyai mata yang terang, jernih, dan tidak kusam. Ikan yang memiliki mata kusam sebetulnya masih aman untuk dikonsumsi, namun ikan tersebut telah melewati saat terbaiknya untuk dikonsumsi.

2. Perhatikan Insang Ikan

Pastikan insang ikan masih berwarna merah berkilau, terang dan bersih, serta tidak ada indikasi bahwa warna insang ikan telah memudar yang ditandai dengan warna kusam kecokelatan. Ikan yang masih segar juga ditandai dengan insang ikan yang masih tertutup lendir berwarna jernih.

3. Perhatikan Sisik Ikan

Ikan yang masih segar mempunyai ciri sisik masih berkilau, tidak memudar, terang, bersih dan aroma yang ditimbulkan masih segar. Jika dicium ikan mempunyai aroma yang segar seperti air bersih/air asin bahkan seperti aroma mentimun, namun jika ikan yang sudah mengeluarkan bau amis ikan tersebut sudah kurang segar, aroma amis pada ikanter tidak akan hilang walaupun ikan sudah dimasak.

Dari ketiga ciri ikan yang masih segar sesuai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) cukup mudah bukan untuk diperhatikan. Akhir kata semoga artikel ini bisa berguna dan bisa memberikan manfaat. Terima kasih.

No comments

Post a Comment