Sunday, July 16, 2017

Manfaat dan Efek Samping dari Susu Kedelai yang perlu diketahui

Manfaat dan Efek samping dari Susu Kedelai - Susu, siapa yang tidak mengenalnya, susu dikenal banyak masyarakat sebagai minuman yang kaya ... thumbnail 1 summary

Manfaat dan Efek samping dari Susu Kedelai - Susu, siapa yang tidak mengenalnya, susu dikenal banyak masyarakat sebagai minuman yang kaya akan manfaat karena banyak mengandung nutrisi didalamnya seperti kalsium, vitamin dan mineral-mineral lainnya. Susu yang sering kita temui dipasaran adalah susu sapi.


Susu Kedelai
Namun tahu kah anda, selain susu sapi ada susu yang terbuat dari bahan nabati, susu itu adalah susu kedelai. Sama halnya susu sapi, susu kedelai ternyata mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya dan kelebihan lainnya yakni susu kedelai tidak mengandung laktosa, mempunyai lemak yang rendah dan tentunya bebas kolesterol.

MANFAAT SUSU KEDELAI

  • Kandungan Protein pada susu kedelai sama dengan kandungan protein yang terdapat pada susu sapi, namun susu kedelai mempunyai kadar kalori yang lebih rendah. Manfaat protein pada susu kedelai ini bisa sebagai pembentukan sel-sel yang ada didalam tubuh.
  • Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, dapat menjaga kesehatan tulang kita karena kandungan vitamin D yang terdapat didalam susu kedalai ini cukup tinggi, menurut penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminumnya.
  • Dapat mencegah Anemia karena kandungan seperti Vitamin B12 yang terdapat didalam susu kedalai ini bisa membantu memproduksi sel darah merah, Vitamin B12 dapat ditemukan pada bahan makanan seperti telur dan enis produk susu lainnya.
  • Tidak mengandungnya kolesterol yang terdapat dalam susu kedelai dapat mengurangi kolesterol didalam tubuh kita. kandungan antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan mampu menaikkan kadar HDL yang sehat untuk jantung dan kandungan lesitin dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.
  • Lebih sehat untuk Ginjal, dipercaya dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat menyehatkan ginjal karena protein nabati yang terdapat didalam susu kedelai dapat lebih mudah diolah ginjal dibandingkan dengan protei pada susu sapi. selain itu daoat mengurangi resiko penyakit Diabetes karena mengandung Magnesium dan Vitamin D yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2 namun zat tersebut bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2.

EFEK SAMPING SUSU KEDELAI

Selain kelebihan dari susu kedelai ternyata ada efek samping yang terdapat pada susu kedelai tersebut jika kita tidak bijak mengkonsumsinya. Efek samping yang ditimbulkan disebabkan susu kedelai adalah sebagai berikut,
  • Susu kedelai mengandung antinutrients (racun alami), kandungan tersebut dikhawatirkan yang dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.
  • Kandungan goitrogens pada susu kedelai dapat menyebabkan fungsi tiroid dapat tertekan selain dari itu susu kedelai juga mengandung fitat yang mencegah penyerapan mineral oleh tubuh.
  • Phytoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai kadang-kadang dapat memblokir hormon estrogen dan memiliki efek samping yang buruk pada jaringan tubuh manusia.

No comments

Post a Comment