Sunday, July 23, 2017

Kekurangan dan Kelebihan Pestisida Nabati (PESNAB)

Kekurangan dan Kelebihan Pestisida Nabati (PESNAB) - Penggunaan pestisida nabati sebenarnya sangat dianjurkan jika kita mulai bergerak unt... thumbnail 1 summary

Kekurangan dan Kelebihan Pestisida Nabati (PESNAB) - Penggunaan pestisida nabati sebenarnya sangat dianjurkan jika kita mulai bergerak untuk membudidayakan tanaman yang sehat dan bebas dari residu, selain dari itu dengan menggunakan pestisida nabati atau pesnab ini kita bisa lebih hemat karena bahan-bahan yang digunakan cukup mudah dan murah untuk didapatkan.


Pestisida nabati
Pestisida nabati ini terdiri dari banyak penggunaannya dari mulai sebagai insektisida sampai digunakan sebagai bakterisida, namun sebelum menggunakan pestisida nabati ada beberapa hal yang perlu kamu diketahui seperti kekurangan dan kelebihan dari pestisida nabati yang kita gunakan, berikut adalah Kekurangan dan Kelebihan dari Pestisida Nabati,

KEKURANGAN PESTISIDA NABATI (PESNAB)

Pestisida cepat terurai

karena dibuat dari bahan-bahan organik dan tanpa menggunakan bahan kimia, pestisida dari nabati ini mudah sekali untuk terurai, baik terkena panas matahari, dianginkan maupun terkena air hujan. Hal ini menyebabkan racun akan cepat hilang

Aplikasi harus lebih sering

Penggunaan atau penyemprotan pestisida nabati harus lebih sering dilakukan, alasan utamanya karena pestisida nabati mudah sekali untuk terurai, namun walaupun sering digunakan atau diaplikasikan terhadap tanaman tidak akan terjadi efek samping diantaranya tertinggal sisa racun atau residu terhadap tanaman.

Racun sangat rendah

Dengan penggunaan pestisida nabati tidak langsung membunuh dari OPT dan memiliki efek yang lambat, sehingga pestisida nabati sering sekali digunakan untuk mengusir hama daripada untuk membunuhnya.

Masih jarang dan belum bisa diproduksi secara masal

Pestisida nabati sangat sulit ditemui dikios-kios pertanian jikapun ada ketersediaan dari pestisida jenis ini sangat terbatas, karena kurangnya untuk diproduksi secara masal. Salahsatu kendala pestisida nabati tidak diproduksi secara masal yakni kurangnya ketersediaan bahan-bahan untuk pembuatannya karena bahan-bahan yang digunakan masih belum ada yang membudidayakannya.

Kurang praktis dan tidak tahan lama untuk disimpan

Penggunaan pestisida nabati ini memang sedikit ribet jika dibandingkan dengan pestisida kimia, karena penggunaan pestisida nabati haruslah masih fresh dan baru dibuat dengan tujuan bahan aktif yang terdapat didalam larutan tetap terjaga dan belum terurai.

KELEBIHAN PESTISIDA NABATI (PESNAB)

Mengalami penguraian lebih cepat

selain sebagai kekurangan dari pestisida nabati, ternyata penguraian lebih cepat juga salahsatu kelebihan danri pestisida nabati ini. dengan mudahnya terurai tanaman akan terhindar dari residu dan bahan-bahan aktif yang terdapat pada pestisida tersebut.

Memiliki efek cepat

Walaupun pestisida nabati tidak memiliki efek yang cepat untuk membunuh, ternyata pestisida nabati memiliki efek yang cepat terhadap menurunkan bahkan menghentikan efek nafsu makan dari organisme pengganggu tanaman walaupun tidak menyebabkan kematian.

Racun lebih aman

Ini yang merupakan kelebihan dari pestisida nabati, selain dapat mengusir hama ternyata pestisida ini memiliki toksitas yang rendah sehingga aman jika ternak memakannya dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi manusia.

Sebagai alternatif terhadap pengendalian hama yang resisten

Jika dirasa hama sudah mulai resisten terhadap berbagai macam pestisida yang diberikan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan penyemprotan dengan pestisida nabati karena mempunyai sifat yang langsung terhadap nafsu makan dan mempu mengusir hama yang resisten walau penyemprotan tidak akan membunuh hama.

No comments

Post a Comment