Sunday, July 9, 2017

Cara mudah menghitung kebutuhan bibit tanaman saat kita memulai musim tanam

Bibit merupakan faktor utama dalam usaha tani dibidang budidaya, kebutuhan bibit pun harus tepat tersedia agar tidak terjadi kekurang saat... thumbnail 1 summary

Bibit merupakan faktor utama dalam usaha tani dibidang budidaya, kebutuhan bibit pun harus tepat tersedia agar tidak terjadi kekurang saat penanaman dimulai,  lantas bagaimana cara kita menghitung kebutuhan bibit yang diperlukan didalam areal tertentu? Agar kebutuhan bibit bisa tepat dan tidak terjadi kekurangan saat membeli bibit tanaman.



Artikel kali ini blog sampulpertanian akan mencoba  membahas tentang cara menghitung kebutuhan bibit tanaman yang harus disediakan jika kita memulai untuk penanaman diareal tertentu. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contohnya dibawah ini.

Jika anda mempunyai lahan pertanian dengan luasan 1Ha, dan akan mencoba menanam pohon sengon dengan jarak tanam 2 meter x 2 meter maka berapakah bibit pohon sengon yang diperlukan? Untuk menghitung kebutuhan bibit pohon begini lah rumusnya :


Jika dilihat rumus di atas, kita terlebih dahulu merubah luasan lahan menjadi meter persegi seperti

1 ha menjadi 10.000 meter
Jarak tanam 2x2 menjadi 4 meter
Maka kita masukan kedalam rumus menjadi 10.000 : 4 = 2500
Sehingga Kebutuhan bibit pohon Sengon untuk luasan 1 ha adalah 2500 bibit pohon sengon

Perhitungan ini berlaku untuk hampir semua jenis tanaman yang akan dibudidayakan, anda hanya tinggal mengubah angka luasan dan jarak tanam nya saja. Mudah bukan cara menghitungnya? Akhir kata selamat mencoba.

No comments

Post a Comment