Tuesday, July 4, 2017

Cara dan komposisi membuat media tanam untuk Pot atau Polibag

Untuk meracik media tanam didalam pot atau polibag sebagian orang mungkin sudah sangat paham, namun bagi pemula yang ingin mencoba menanam... thumbnail 1 summary

Untuk meracik media tanam didalam pot atau polibag sebagian orang mungkin sudah sangat paham, namun bagi pemula yang ingin mencoba menanam dengan menggunakan media pot atau polibag ini mungkin sedikit bingung, apa saja bahan nya dan berapa komposisi yang tepat untuk dijadikan media tanam?


Media tanam dalam Pot dan Polybag
Postingan kali ini blog sampulpertanian akan berbagi tentang komposisi dan bahan-bahan untuk dijadikan media tanam didalam pot atau polibag, untuk mempersingkat bisa dilihat dibawah ini,

Bahan untuk media tanam

1. Bahan organik (Kompos, pupuk kandang, bokashi, dll)
2. Tanah bagian top soil
3. Arang sekam
4. Sekam
5. Kaptan atau kapur pertanian

Cara dan Komposisi untuk media tanam

Komposi yang digunakan adalah 1-2-1-1 atau bisa juga dengan komposi 2-2-1-1, bahkan untuk beberapa tanaman seperti bawang daun bisa menggunakan 3-1-1-1 atau tanpa tanah juga bisa.

Cara nya cukup mudah, semua bahan-bahan tadi dicampur atau diaduk hingga merata, untuk mendapat pH yang baik sebaiknya tambahkan kaptan atau kapur pertanian, setiap polibag ukuran sedang hanya menggunakan 2-3 sendok makan kaptan atau kapur pertanian.

Untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik, berikan pupuk NPK mutiara secara berkala sesuai takaran yang direkomendasikan. Demikian artikel tentang Cara dan komposisi membuat media tanam untuk pot atau polibag semoga bisa menambah pengetahuan tentang pertanian terutama tentang media tanam.

No comments

Post a Comment