Saturday, July 1, 2017

Cara dan Dosis pemupukan pohon Durian yang baru ditanam

Artikel kali ini blog sampulpertanian.com akan berbagi tentang cara dan dosis pemupukan pohon durian yang baru ditanam atau pohon durian y... thumbnail 1 summary

Artikel kali ini blog sampulpertanian.com akan berbagi tentang cara dan dosis pemupukan pohon durian yang baru ditanam atau pohon durian yang masih kecil. layaknya pohon yang baru ditanam, pohon durian sangat memerlukan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan, salahsatu cara memenuhi kebutuhan unsur hara tersebut bisa dengan cara pemeberian pupuk. 


Pemupukan menjadi hal yang sangat penting mengingat pohon durian yang baru ditanam sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan dari tanaman seperti akar, batang maupun daun, Untuk memperoleh pertumbuhan pohon durian yang baik kita perlu memberi perlakuan terhadap pohon tersebut salahsatunya adalah perlakuan pemberian pupuk dasar dan pemupukan secara berkala. Dalam pemupukan tersebut ada beberapa jenis pupuk yang bisa kita digunakan diantaranya Jenis pupuk yang digunakan untuk memupuk durian adalah pupuk kandang, pupuk kompos, Bokhasi atau pupuk hijau dan juga pupuk NPK.

Adapun cara dan dosis pemupukan pohon durian adalah sebagai berikut,

1. Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar dapat merangsang pertumbuhan pohon durian dalam fasa vegetatif pada awal-awal pohon baru ditanam, pupuk yang digunakan untuk pemupukan pertama pohon durian bisa dengan mengunakan pupuk kandang, pupuk kompos, Bokhasi atau pupuk hijau dengan dosis pupuk sekitar 30-40 kg.

Cara pemupukan awal adalah sebelum menanam bibit pohon durian terlebih dahulu kita menggali tanah dengan kedalaman sekitar kurang lebih 50 cm, kemudian masukan pupuk organik kedalam lubang tersebut setelah itu, tanamkan bibit pohon durian dilubang yang telah dimasukan pupuk organik tadi, setelah itu tutup dengan tanah.

2. Pemberian Pupuk NPK

Selain emberian pupuk organik, pupuk kimia pun perlu diberikan yakni untuk mempercepat rangsangan dari tanaman, salahsatu pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK baik itu NPK biasa maupun NPK Mutiara, pemupukan NPK ini dilakukan pada tanaman setiap 3-4 bulan sekali.

Cara pemupukan NPK untuk pohon durian yang baru ditanam adalah dengan terlebih dahulu menggali tanah berbentuk parit yang mengelilingi pohon durian dengan kedalaman 20-30 cm di areal tajuk pohon atau di areal daun paling jauh, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Sumber gambar : durianochee.wordpress.com
Pemberian pupuk NPK Mutiara sebanyak sebanyak 200 gram perpohon dengan cara disebar dengan merata disetiap parit yang tadi dibuat, setelah itu timbun kembali pupuk NPK tersebut dan ulangi secara berkala setiap 3-4 bulan sekali.

3. Pemberian Pupuk Organik kembali

Pupuk organik kembali diberikan setelah usia pohon durian mencapai satu tahun dengan dosis pemberian pupuk organik sebanyak 50-100 kg perpohon, pemberian diulangi setiap 1 tahun sekali dengan tujuan menjaga kesuburan tanah diareal pohon durian tersebut. waktu pemberian pupuk organik lebih baik diwaktu awal musim kemarau atau pada waktu hujan terakhir pada musim penghujan. Cara pemupukan sama halnya dengan pemberian pupuk NPK, membuat parit dan ditimbun kembali.

4. Tambahan Pemberian Takaran Pupuk

Pada usia pohon durian sudah mencapai umur 3 tahun, pemupukan perlu ditambahkan terutama pemberian pupuk NPK, pemberian pupuk NPK ditambah sebanyak 25 sampai 30% dari pemberian pupuk sebelumnya, karena kebutuhan pohon durian akan unsur hara semakin meningkat.

Demikian artikel tentang cara dan dosis pemberian pupuk pada tanaman durian baru ditanam atau pohon durian masih kecil, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi anda, akhirkata terima kasih sudah berkunjung ke blog sampulpertanian. Salam pertanian.

No comments

Post a Comment