Wednesday, June 7, 2017

PENGERTIAN KARTU TANI

Pengertian Kartu tani adalah sebuah alat transaksi yang berupa kartu debit yang multifungsi dengan memuat informasi tentang propil petani,... thumbnail 1 summary

Pengertian Kartu tani adalah sebuah alat transaksi yang berupa kartu debit yang multifungsi dengan memuat informasi tentang propil petani, luas lahan, kebutuhan saprotan ,informasi panen, maupun sebagai alat transaksi yang bisa digunakan untuk transfer, tarik tunai, pembayaran, pembelian, pinjaman dan lebih utama sebagai data penerima subsidi dan bantuan pemerintah.


Pengertian kartu tani
Kartu tani selain memberikan keuntungan bagi para petani juga dapat mempermudah pendataan oleh pihak pemerintah sebagai informasi dan monitoring tentang ketersediaan dan kebutuhan sarana untuk para petani yang berupa pupuk, pestisida dan kebutuhan lainnya.

Kartu tani ini juga bertujuan selain mempermudah petani dalam bertransaksi, juga bisa memonitoring penyaluran pupuk bersudsidi agar tepat sasaran dan tidak lari kepada pihak-pihak yang tidak seharusnya untuk menerima pupuk subsidi karena hanya petani yang mempunyai kartu tanilah yang bisa menerima pupuk subsidi.

Persyaratan bagi petani yang ingin memiliki kartu tani cukup sederhana diantaranya, Petani sudah tergabung dalam daftar RDKK, mengisi data seperti nama lengkap, nomor induk KTP, alamat tempat tinggal, tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung. untuk persyaratan lainnya nya nanti akan diberikan oleh pihak bank yang dituju untuk kerjasama dalam pembuatan kartu tani.

Bank yang ditunjuk untuk kerjasama dalam pembuatan kartu tani di Pulau Jawa untuk sementara ada empat Bank, diantaranya, Bank BNI untuk di Provinsi Jawa timur, Bank BRI untuk di Provinsi Jawa tengah dan DIY, Bank Mandiri untuk di Provinsi Jawa barat dan Bank BTN untuk di daerah Provinsi Banten.

Demikian artikel tentang pengertian kartu tani, diharapkan dengan adanya kartu tani ini para petani bisa dengan mudah melakukan kegiatan yang berkaitan tentang pertanian, seperti tidak terjadinya kelangkaan pupuk dan penyaluran bantuan yang tepat sasaran. akhir kata terima kasih sudah mengunjungi blog sampul pertanian, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda khususnya tentang kartu tani.

No comments

Post a Comment