Thursday, June 1, 2017

Mencegah dan mengendalikan Penyakit Kresek atau Hawar daun Bakteri (BLB) pada tanaman padi

Hawar daun bakteri atau Penyakit Kresek adalah penyakit tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Xanthomonas oryzae pv. oryz... thumbnail 1 summary

Hawar daun bakteri atau Penyakit Kresek adalah penyakit tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) yang dapat merusak daun dan batang pada tanaman padi yang menyebar melalui gesekan langsung pada daun yang telah terinfeksi bakteri tersebut.


Penyakit Kresek atau Hawar daun bakteri (BLB)
Penyakit yang mempunyai nama asing disebut dengan Bacterial leaf blight (BLB) ini kenapa orang menamakannya penyakit dengan sebutan Penyakit Kresek, mungkin para petani menamakannya karena penyakit ini menyebabkan gosong pada daun sehingga bila disentuh tangan daun akan berbunyi kresek-kresek sehingga penyakit tersebut diberi nama Penyakit Kresek.

Penyebab penyakit kresek atau Hawar daun bakteri pada tanaman padi


Penyebab terjadinya Penyakit Kresek ini bisa berbagai cara, bisa melalui gesekan secara langsung dengan daun yang telah terinfeksi, bisa disebarkan oleh bekas jerami tanaman yang terinfeksi, melalui benih yang berasal dari tanaman yang terinfeksi dan bisa pada gulma yang menjadi tanaman inang dari bakteri hawar naun tersebut.

Cara mencegah dan mengendalikan Penyakit Kresek


Sebelum tanaman padi tertular Penyakit Kresek sebaiknya kita mengetahui cara mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan bakteri Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) ini, adapun cara mencegah dana mengendalikan Penyakit Kresek sebagai berikut :

  1. Gunakan Benih yang sehat
  2. Gunakan pola tanaman yang baik
  3. Gunakan jarak tanam legowo
  4. Menggunakan pengairan berselang (Intermiten)
  5. Jangan berlebihan menggunakan pupuk Urea
  6. Gunakan Benih yang yang tahan Penyakit Kresek
  7. Hindari menggunakan jerami yang terinfeksi penyakit kresek
  8. Pengendalian dengan bakteri Corynebacterium
  9. Gunakan Pestisida jenis Bakterisida


Demikian ulasan singkat tentang cara mencegah dan mengandalikan Penyakit Kresek atau Hawar daun Bakteri (BLB) pada tanaman padi, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan tentang pertanian anda khususnya tentang penyakit kresek atau penyakit Hawar daun Bakteri (BLB) ini. Akhirkata terima kasih



No comments

Post a Comment