Saturday, June 3, 2017

Manfaat dan Peranan dari PUPUK ORGANIK BAGI TANAH DAN TANAMAN

Bahan organik atau pupuk organik sudah tidak diragukan lagi dalam dunia pertanian salahsatunya yaitu manfaat menggunakan pupuk organik ada... thumbnail 1 summary

Bahan organik atau pupuk organik sudah tidak diragukan lagi dalam dunia pertanian salahsatunya yaitu manfaat menggunakan pupuk organik adalah untuk meningkatkan hasil bagi tanaman. Di era modern ini banyak petani yang berlih menuju pertanian organik dengan tujuan yakni harga jual dari hasil produksi lebih tinggi.


Manfaat dan peranan pupuk organik bagi tanaman
Blog sampulpertanian kesempatan kali ini akan membahas tentang artikel manfaat dari bahan organik atau pupuk organik bagi tanah dan tanaman. Adapun manfaat dari bahan organik bagi tanah dan pertumbuhan tanaman sebagai berikut:

1. Menghidupkan kembali jasad renik

Jasad renik atau mikroorganisme yang menguntungkan bagi tanaman akan kembali berkembang sehingga dengan berkembangnya mikroorganime pada tanah akan membuat tanah menjadi subur serta ketersediaan unsur hara kembali tersedia bagi tanaman

2. Menjaga struktur dan kesuburan tanah

Dengan menambahkan bahan organik atau pupuk organik struktur tanah akan sedikit demi sedikit bisa berubah, tanah tidak akan padat dan masam melainkan kembali gembur dan tanah pH tanah kembali netral. hal ini sangat menguntungkan bagi tanaman terutama untuk pertumbuhan perakaran.  

3. Mampu menahan air

Memasuki musim kemarau kebutuhan air sangat meningkat tidak terkecuali bagi tanaman, dengan seringnya menggunakan pupuk organik tanah mampu menyimpan air lebih lama jika dibandingkan dengan tanah yang tidak diberikan bahan organi atau pupuk organik.

4. Sumber unsur hara bagi tanaman

Sudah tidak diragukan lagi, bahan organik atau pupuk organik merupakan sumber unsur hara yang sangat dibutuhkan bagi tanaman, sehingga dengan menambahkan organik disetiap pemupukan tanah akan bisa memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman, terbukti jika tanaman diberikan organik tanaman bisa tumbuh lebih sehat dan hasil produksi dati tanaman akan meningkat.

5. Tanaman lebih sehat

Sudah tidak bisa dipungkiri, kemajuan zaman membuat tanaman semakin tidak sehat, dengan tercemarnya pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya membuat tanaman menyimpan residu yang konsumsi oleh kita. Pemberian pupuk maupun pestisida organik akan membuat tanaman lebih sehat sekaligus harga jual dari hasil produksinya lebih tinggi jika dibandingkan tanaman yang menggunakan bahan kimia.

Sebenarnya masih banyak manfaat dan peranan bahan organik bagi tanah dan tanaman namun secara garis besar blog sampulpertanian membaginya hanya menjadi 5 poin. Demikian artikel tentang manfaat dan peranan bahan organik atau pupuk organik bagi tanaman, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. Terima kasih

1 comment