Friday, June 16, 2017

Kartu Tani, Kartunya para petani Indonesia

Sejak diperkenalkan dan mulai disosialisasikan, banyak sekali yang bertanya apa itu Kartu tani. Kartu tani merupakan Kartunya para petani ... thumbnail 1 summary

Sejak diperkenalkan dan mulai disosialisasikan, banyak sekali yang bertanya apa itu Kartu tani. Kartu tani merupakan Kartunya para petani Indonesia yang didalamnya mempunyai multifungsi, dari mulai jatah mendapatkan pupuk subsidi, untuk segala jenis transaksi, sampai pada penyaluran bantuan pemerintah dan bantuan kredit usaha rakyat atau disingkat dengan KUR.


Kartu Tani, Katu manfaat petani Indonesia
Kartu tani mulai disebar di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sudah banyak petani yang memilikinya. Untuk di Jawa Barat sndiri kartu tani rencananya Bank Mandiri akan melakukan uji coba di Kabupaten Ciamis, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung.

Kartu tani ini bersifat wajib karena selain untuk pendataan jumlah petani dan pupuk Subsidi juga mengantisifasi "Keluyurannya" pupuk bersubsidi kepada pihak yang tidak berhak untuk menerimanya. Dengan menggunakan kartu tani Petani bisa mendapat kepastian ketersediaan pupuk dikios-kios yang telah ditunjuk untuk penyaluran pupuk bersubsidi didaerah masing-masing.

Manfaat Kartu Tani cukup banyak diantaranya sebagai berikut:

1. Petani mendapatkan jatah pupuk bersubsidi
2. Petani mendapat kepastian ketersediaan saprotan
3. Kemudahan menjual hasil panen (Bulog, PTPN dll tanpa perantara)
4. Sebagai alat transaksi (transfer, pembelian, pembayaran dll)
5. Kartu identitas petani
6. Kemudahan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda atau petani disekitar anda untuk memiliki kartu tani, jika masih bingung tentang cara pembuatan atau langkah-langkahnya bisa ditanyakan kepada petugas lapangan atau PPL yang ada diwilayah tempat tinggal anda masing-masing. Akhirkata semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment