Saturday, June 3, 2017

Jenis dan Macam-macam tepung yang mudah ditemui dipasaran

Dipasaran terdapat banyak jenis-jenis tepung yang diperjualbelikan namun dari banyaknya tepung yang ada dipasaran bagi pemula akan sulit m... thumbnail 1 summary

Dipasaran terdapat banyak jenis-jenis tepung yang diperjualbelikan namun dari banyaknya tepung yang ada dipasaran bagi pemula akan sulit membedakannya antara tepung satu dengan jenis tepung lainnya. Umumnya tepung yang diperjualbelikan mempunyai bentuk dan warna  yang hampir menyerupai.


Jenis dan Macam-macam tepung yang mudah ditemui dipasaran
Kita tidak lepas dari tepung, bagaimana pun hampir setiap jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya mengandung tepung mulai dari goreng-gorengan, mie sampai pada berbagai jenis kue. Untuk itu artikel kali ini akan membahas tentang jenis atau macam-macam tepung yang sering kita temui dipasaran adapun jenis dan macam-macam tepung adalah sebagai berikut:

1. Tepung Terigu

Tepung ini menjadi salahsatu tepung yang sering kita jumpai, mempunyai warna yang putih tepung ini sering digunakan sebagai bahan baku membuat kue dan jenis goreng-gorengan. nama tepung terigu barasal dari bahasa Portugis yaitu Trigo yang berarti gandum.

2. Tepung Kanji atau Tapioka

Sama halnya dengan tepung terigu tepung kanji atau tapioka ini sering digunakan sebagai olahan masakan, tepung tapioka terbuat dari umbi singkong yang diolah dan diektrakan, tepung ini mempunyai sebutan aci sampe dalam bahasa sunda dan dalam bahasa betawi disebut dengan nama tepung sagu.

3. Tepung Maizena atau tepung Jagung

Berbeda dengan jenis tepung sebelumnya, tepung maizena digunakan sebagai bahan pengental saus atau sup, tepung ini terbuat dari biji jagung yang diolah dan didapatkan pati kemudian pati dikeringkan.

4. Tepung Beras

Tepung beras sering digunakan sebagai bahan bakan makanan tradisional, membuat tepung beras cukup sederhana cukup beras digiling atau ditumbuk hingga halus. tepung beras mempunyai berbagai nama seperti dicina menyebutnya dengan nama mifen, dijepang komeko dan di filipina disebut galapong.

5. Tepung panir atau tepung roti

Tepung panir ini terbuat dari roti yang dikeringkan kemudian ditumbuk halus, tepung ini sering kita temui digunakan sebagai lapisan goreng-gorengan, seperti Nugget dan Risoles. Tepung panir orang menyebutnya dengan nama Panko. tepung ini mempunyai warna kecoklatan.

Demikian 5 jenis roti yang sering dipasaran, tepung-tepung tersebut bisa diolah sesuai keingginan kita. kunjungi terus blog sampulpertanian karena masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa menambah pengetahuan anda terutama tentang pengetahun pertanian. akhir kata semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments

Post a Comment