Monday, June 5, 2017

Ikan yang cocok untuk Aquascape

Dalam hobi Aquascape tidak lepas dari cara memilih ikan yang cocok atau pas untuk Aquascape itu sendiri, banyak nya ikan hias air tawar me... thumbnail 1 summary

Dalam hobi Aquascape tidak lepas dari cara memilih ikan yang cocok atau pas untuk Aquascape itu sendiri, banyak nya ikan hias air tawar membuat para penghobi bebas memilih ikan mana saja yang dikehendaki, namun untuk Aquascape dari banyak ikan tersebut tidak semuanya pas atau cocok untuk di simpan di Aquascape,


Banyaknya ikan hias air tawar dari mulai jenis tetra, guppy, koki sampai pada ikan koi mempunyai warna yang menarik dan cantik namun dari sekian banyaknya tersebut ada beberapa jenis ikan yang sering dipelihara untuk Aquascaper bagi pemula dan Aquascape yang sudah senior.

Adapun jenis ikan yang cocok untuk Aquascape adalah sebagai berikut :

1. Guppy (Poecilia reticulata)



Ikan ini mempunyai warna yang bermacam-macam dan mempunyai ciri khas yakni sirip ekor yang melebar dengan bentuk tubuh tidak terlalu besar, ikan yang mempunyai nama ilmiah Poecilia reticulata sangat Populer dikalangan para aquascaper selain dari itu ikan ikan untuk perawatan tidak terlalu sulit.

2. Lemon Alga Eater atau Cae (Chinese Alga Eater)



Jenis ikan ini sangat pupuler dikalangan penggemar aquascape, karena ikan ini membantu mengendalikan dengan cara membersihkan akuarium dari alga yang menempel pada hiasan atau kaca auariaum, ikan yang cenderung berada didasar aquascape mempunyai warna kuning putih kemerahan.

3. Platy (Xiphophorus maculatus)



Ikan yang populer selanjutnya dalah ikan Platy, ikan yang mempunyai bentuk yang menggemaskan dengan warna yang mencolok menjadikan ikan jenis ini sering dipelihara untuk disimpan di aquascape, ukuran ikan ini tidak terlalu besar dan cenderung tidak memangsa ikan jenis lainnya.

4. Neon Tetra (Paracheirondon Innsi)



Kita sering menyebutnya dengan nama ikan neon karena mempunyai warna yang bisa memantulkan cahaya sehingga dalam keadaan kurang cahaya ikan ini terlihat bercahaya, mempunyai warna biru dangan ditambah merah pada bagian ekornya menjadikan ikan jenis ini populer dikalangan penghobi aquascape, selain daripada itu umur ikan ini lumayan cukup panjang yakni sekitar 8-10 tahun jika dalam keadaan terawat.

5. Ikan Sumatra (Puntigrus tetrazona)



Ikan jenis ini mempunyai warna loreng dengan corak menggaris dari agian atas hingga  bawah dengan warna garis hitam dengan letar warna kuning keemasan, ikan ini menjadi sangat populer dikalangan aquascaper karena jenis ikan ini sangat lincah dan hidup secara berkelompok.

Sebenarnya masih banyak jenis ikan yang lainnya yang sering dipelihara oleh penghobi aquascape, seperti jenis ikan tetra, molly, discus, dan jenis ikan lainnya yang mempunyai ukuran yang kecil, namun blog sampulpertanian hanya menulis 5 jenis ikan saja dari banyak jenis ikan yang ada karena kelima jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan yang sering dipelihara oleh para aquascaper pemula maupun yang sudah senior.

No comments

Post a Comment