Friday, June 2, 2017

6 Jenis makanan yang dihindari saat berpuasa

Berpuasa saya rasa semua agama dan kepercayaan telah mengenalnya, selain untuk menahan hawa nafsu berpuasa juga ternya mempunyai banyak ma... thumbnail 1 summary

Berpuasa saya rasa semua agama dan kepercayaan telah mengenalnya, selain untuk menahan hawa nafsu berpuasa juga ternya mempunyai banyak manfaat hal ini telah dibuktikan secara riset. Bagi umat muslim berpuasa dilakukan setiap bulan Ramadhan selama satu bulan penuh.


Ilustrasi bau mulut
Banyak hal yang sering muncul ketika sedang berpuasa diantaranya bau mulut, panas dalam dan lain-lain, hal ini saya rasa wajar karena lambung kita menahan hingga belasan jam dibiarkan tetap kosong tanpa diisi apapun, Namun faktor-faktor seperti bau mulut bisa juga terjadi disebabkan makanan yang kita makan saat sahur.

Banyak jenis makanan yang bisa makan saat sahur namun dari sekian banyak jenis makanan yang ada, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari sementara waktu saat berpuasa, hal ini tentu akan membuat kita tidak akan merasa nyaman saat berpuasa, adapun jenis makanan yang dihindari saat berpuasa menurut versi blog sampulpertanian diantaranya :

1. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Alasan kenapa makanan dengan menggunakan garam yang tinggi sebaiknya dihindari, selain berpotensi terjadinya hipertensi penggunaa garam tinggi pada makanan juga akan membuat kita merasa cepat haus dan lapar kembali, hal ini disebabkan oleh sifat dari garam yang mampu menyerap air.

2. Makanan yang merangsang asam lambung

Asam lambung akan meningkat saat kita berpuasa, hal ini dikarenakan proses alamiah dari lambung ketika dalam posisi sedang kosong, disaat berbuka atau sahur sebaiknya hindari makanan atau minuman yang bisa merangsang mingkatnya asam lambung seperti Kopi, Cabai, Asinan dan lain-lain

3. Makanan yang memiliki bau yang tajam

Bau mulut merupakan hal yang wajar saat berpuasa karena meningkatnya asam lambung namun bagaimana jika bau mulut yang dialami berlebihan ? Untuk menghindari bau mulut yang berlebih sebaiknya kita hindari makanan yang memiliki bau yang cukup tajam, seperti Jengkol, Petai, Keju, Bawang dan lain-lain

4. Goreng gorengan

Goreng-gorengan siapa yang tidak suka, saya rasa hampir kebanyakan orang menyukai makanan goreng-gorengan namun untuk yang berpuasa sebaiknya goreng-gorengan dihindari dahulu, karena dengan mengkonsumsi goreng-gorengan akan menyebabkan terjadinya panas dalam sehingaa akan menimbulkan masalah lainnya seperti sariawan dan bau mulut.

5. Makanan yang mengandung gas

Untuk menghindari hal-hal yang merasa tidak nyaman saat berpuasa sebaiknya menghindari dulu makanan dengan mengandung gas yang cukup tinggi, makanan yang mengandung gas tinggi akan membuat perut kita mengalami kembung. Contoh makanan yang mengandung gas tinggi adalah Minuman bersoda, Nangka dan Durian.

6. Makanan mengandung banyak MSG.

Monosodium Glutamate atau disingkat MSG merupakan salahsatu zat yang sulit untuk dicerna, makanan yang terlalu banyak mengandung msg tidak disarankan dikonsumsi saat berpuasa karena tubuh akan sulit menyerap nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa.

Demikian artikel tentang 6 macam jenis makanan yang dihindari saat berpuasa, semoga artikel tips ini bermanfaat untuk anda yang sedang bermanfaat, semoga puasa menjadi lancar dan berkah.

No comments

Post a Comment