-->
11 Tanaman penghasil Bahan Bakar Minyak alami atau Bahan Bakar Nabati (BBN)

11 Tanaman penghasil Bahan Bakar Minyak alami atau Bahan Bakar Nabati (BBN)

Kalian pernar mendengar Bahan Bakar Minyak atau disingkat BBM, saya rasa hampir semua orang tahu dan pernah memakainya, lantas bagaimana dengan BBN atau Bahan Bakar Nabati? mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, BBN atau Bahan Bakar Nabati adalah bahan bakar yang mirip dengan bbm namun berbahan nabati atau berbahan dari tumbuh-tumbuhan yang berbeda dengan bbm yang berasal dari fosil.


Bahan bakan nabati (BBN)
Salahsatu contoh hasil dari BBN atau Bahan Bakar Nabati adalah Biodiesel dan Bioetanol, Di Indonesia penggunaan Bahan Bakar Nabati sudah mulai dikembangkan. Bahan Bakar Nabati sendiri digunakan untuk menggerakan mesin mobil, penggilingan dan mesin-mesin lainnya yang sesuai dengan bahan bakar yang cocok untuk digunakan.

Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai Bahan Bakar Nabati, dari banyaknya tanaman tersebut blog sampulpertanian hanya merangkumnya menjadi 11 tanaman saja yang bisa dijadikan bahan utama penghasil Bahan Bakar Nabati, adapun 11 tanaman penghasil Bahan Bakar Nabati sebagai berikut :

1. Jarak Kepyar (Ricinus communis L.)

Tanaman ini sedang banyak dikembangkan sebagai pengganti BBM jenis Diesel, tanaman Jarak Kepyar ini bisa dipanen pada kisaran umur 100-105 hari, Jarak Kepyar pun mempunyai varietas seperti varietas Asb 22, Asb 60, dan Asb 81, namun yang sering ditanam petani adalah varietas Asb 81 dengan kadar minyak kisaran 53-56%. Produksi dari tanaman ini rata-rata 1,6 ton/hektar.

2. Tebu (Saccharum officinarum L.)

Tanaman ini sering kita kenal sebagai tanaman penghasil gula, namun tanaman tebu ini bisa dijadikan bahan untuk menghasilkan bioetanol, untuk menghasilkan 1 liter bioetnol dibutuhkan 4kg tetes tebu.

3. Aren (Arenga pinnata)

Sama halnya dengan tebu, selain digunakan untuk bahan baku gula aren juga bisa digunakan sebagai bahan baku membuan bioetanol, untuk menghasilkan 1 liter bioetanol membutuhkan 20 hingga 25 liter bira aren segar. Tanaman aren sendiri bisa dipanen pada umur 6-7 tahun.

4. Kelapa (Cocos nucifera L.)

Untuk menghasilkan bioetanol air kelapa harus melewati proses penambahan starter, fermentasi, destilasi, dan dehidrasi. selain air yang bisa digunakan ternyata daging kelapa pun bisa digunakan sebagai cocodiesel.

5. Bunga matahari (Helianthus annus L.)

Bunga matahari bisa digunakan sebagai bahan baku Bahan Bakar Nabati, kadar minyak dari bunga matahari ini sekitar 25 sampai 50%. Tanaman bunga matahari bisa mulai dipanen pada umur 3-4 bulan.

6. Kemiri Sunan (Aleurites trisperma Blanco)

Untuk menghasilkan Bahan Bakar Nabati kebutuhan kemisi cukup banyak, sekitar 25 ton kemiri sunan bisa menghasilkan 9805 liter minyak kasar, sedangkan untuk menghasilkan 25 ton kemiri sunan membutuhkan 100 pohon/hektar nya.

7. Sagu (Metroxylon spp.)

Tanaman sagu bisa dijadikan bahan baku bioetanol, untuk menghasilkan 7,5 kilo liter bioetanol membutuhkan sagu sebanyak 15 ton sagu dengan terlebih dahulu di fermentasikan. Tanaman ini mulai bisa dipanen pada umur 8-10 tahun.

8. Jagung (Zea mays)

Tanaman yang mempunyai nama latin Zea mays ini ternyata bisa dijadikan bahan baku bioetanol, dengan kebutuhan 1 ton jagung bisa menghasilkan 200 liter bioetanol. Tanaman Jagung sendiri bisa dipanen pada umur 3 bulanan.

9. Wijen (Semamum indicum L.)

Melalui proses transesterifikasi, tanaman wijen bisa menghasilkan biodiesel. dengan mempunyai kadar minyak antara 45 sampai 55%. tanaman wijen sendiri bisa dipanen di umur 2,5 sampai 5 bulan tergantung varietas.

10. Ubi jalar (Ipomoea batatas L.)

Ubi jalar bisa dijadikan bahan bakar nabati atau BBN, dengan membutuhkan 1 ton ubi jalar bisa menghasilkan 125 liter Bio etanol. tanaman yang mempunyai nama latin Ipomoea batatas L. ini mulai bisa dipanen pada umur 3 - 4 bulan.

11. Singkong (Manihot utilissima)

Ketela pohon atau singkong bisa dijadikan bahan penghasil bio etanol dengan kebutuhan 1 ton dapat menghasilkan 166 liter bioetanol. Tanaman ini bisa mulai dipanen pada umur 6 sampai 8 bulan.

Demikian 11 Tanaman penghasil Bahan Bakar Nabati (BBN), Dengan bisanya tanaman ini dijadikan bahan baku Bahan Bakar Nabati (BBN) diharapkan bisa menjadi salahsatu alternatif untuk menggantikan BBM yang terus menerus di olah dari perut bumi.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

terima kasih atas infonya... saya juga lagi meneliti tentang biodiesel.

Balas