Wednesday, May 10, 2017

Wortel (Daucus carota L.) - Mengenal manfaat, klasifikasi dan Morfologi Wortel

Wortel adalah salahsatu sayuran yang dimanfaatkan umbinya sebagai sumber vitamin bagi tubuh kita, pemanfaatan wortel berbagai macam cara d... thumbnail 1 summary

Wortel adalah salahsatu sayuran yang dimanfaatkan umbinya sebagai sumber vitamin bagi tubuh kita, pemanfaatan wortel berbagai macam cara dari hanya direbus biasa sampai diolah menjadi minuman yang menyegarkan, wortel merupakan sayuran yang terkenal dengan kandungan vitamin A nya yang melimpah sehingga seringkali umbi dari tanaman ini digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit pada mata seperti penyakit minus.


Wortel (Daucus carota L.)
Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Daucus carota L. sering kita kenal sebagai icon dari makanan yang disukai kelinci ini merupakan salahsatu tumbuhan yang dikategorikan tumbuhan bennial atau tumbuhan yang membutuhkan dua tahun untuk melengkapi siklus biologis, dari mulai fase vegetatif sampai pada fase generatif, pada tahun pertama wortel akan mengalami fase vegetatif dengan munculnya daun, batang, akar atau umbi, sedangkan pada tahun kedua wortel akan mengalami fase generatif yakni mulai munculnya bunga dan akhirnya menghasilkan biji, namun seiring perkembangan teknologi pertanian sekarang jenis wortelpun bermacam-macam sehingga tanaman wortel ini bisa lebih genjah atau lebih cepat.

Tanaman wortel di Indonesia biasanya ditanam pada dataran tinggi atau dilereng-lereng pegunungan seperti pada ketinggian 1000 mdpl atau lebih karena tanaman ini membutuhkan suhu yang optimal antara 15 sampai 21 derajat celcius.

Klasifikasi Wortel (Daucus carota L.)

Tanaman wortel diklasifikasikan kedalam keluarga Apiaceae atau menurut situs wikipedia adalah tumbuhan yang tergolong kedalam tumbuhan rempah-rempah dan obat. untuk lebih lengkap melihat klasifikasi tanaman wortel adalah sebagai berikut,

Klasifikasi tanaman Wortel
(Daucus carota L.)
Kingdom
Plantae
Divisi
Magnoliophyta
Kelas
Magnoliopsida
Ordo
Apiales
Famili
Apiaceae
Genus
Daucus
Spesies
D. carota

Kandungan vitamin dan mineral pada Wortel (Daucus carota L.)

Seperti pada awal artikel ini bahwa tanaman wortel ini kaya akan vitamin A pada umbinya, namun selain dari itu ternyata wortel mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, kandungan yang terdapat didalam wortel adalah sebagai berikut, Serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C serta meinerallainnya seperti Kalsium, Magnesium, Kalium, Sodium, Zat besi dan Fosfor.

Manfaat Wortel (Daucus carota L.)

Dengan kandungan yang banyak terdapat dalam wortel ternyata wortel ini mempunyai banyak manfaat yang tidak bisa dipandang sebelahmata, adapun diantara manfaat wortel adalah sebagai berikut,

1. Sehatkan mata

Kandungan betakaroten yang terdapat didalam wortel sangat membantu menyehatkan mata dan dapat memperbaiki kondisi mata yang kekurangan zat betakaroten atau vitamin A, betakaroten sendiri mempunyai sifat sebagai antioksidan dan dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula serta membantu mengobati mata minus.

2. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang terdapat didalam wortel ini dapat membantu pencernaan menjadi lebih baik dan dapat memperlancar BAB bagi penderita sembelit, kandungan serat yang terdapat didalam wortel sendiri mencapai 11% dalam takaran 100 gram wortel.

3. Menurunkan Kolesterol tinggi

Dalam sebauh penelitain yang dilakukan oleh Robertson dan rekannya bahwa dengan mengkonsumsi wortel mentah dalam keadaan segar sebanyak 200 gram setiap hari dalam waktu 3 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh sebanyak 11%.

Sebenarnya masih banyak yang dihasilkan dari mengkonsumsi wortel secara rutin, namun blog sampulpertanian cukup merangkup 3 saja, untuk lebih jelas bisa dilihat pada postingan berikutnya.

Morfologi Wortel (Daucus carota L.)

Wortel atau Daucus carota L. mempunyai morfologi seperti daun, batang, akar, bunga dan umbi. untuk lebih jelas tentang morfologi dari wortel bisa dilihat dibawah ini,

1. Daun Wortel

Daun wortel mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, mempunyai sifat yang majemuk atau lebih dari satu dan menyirip, pada tangkainya tanaman ini biasanya mempnyai tangkai diantara 5-8 tangkai pertanaman dengan panjang tangkai sekitar 10-20cm.

2. Batang Wortel

Sebenarnya tanaman wortel mempunyai batang diantara tangkai dan umbi, namun ukuran panjang dari batang tanaman ini cukup pendek dengan ukuran panjang hanya 1-2 cm saja. batang tanaman ini berwarna hijau

3. Akar Wortel

Tanaman ini mempunyai akar yang serabut dan tunggang, karena dalam rentan waktu akar tanaman wortel akan menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan dan membesar, atau sering kita kenal dengan umbi wortel.

4. Bunga Wortel

Wortel mempunyai bunga yang tumbuh dan berbentuk mengembang dan mempunyai warna yang putih atau merah tergantung varietas yang ditanam, bunga tanaman ini akan menghasilkan biji yang berukuran kecil berwana hitam dan berbulu.

5. Umbi Wortel

Umbi tanaman wortel atau sering kita menyebutnya wortel ini, mempunyai ciri kerucut dengan ukuran diameter sekitar 3-5cm tergantung varietas, dan berwana kuning kemerahan.

Demikian artikel tentang wortel, diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang manfaat, klasifikasi dan morfologi dari tanaman wortel, akhir kata kami ucapkan terima kasih.


No comments

Post a Comment