Wednesday, May 31, 2017

Tips Waktu dan Cara penyimpanan Telur yang baik

Artikel sebelumnya blog sampulpertanian sudah membahas tentang waktu dan cara penyimpanan daging yang baik , kali ini masih soal tentang p... thumbnail 1 summary

Artikel sebelumnya blog sampulpertanian sudah membahas tentang waktu dan cara penyimpanan daging yang baik, kali ini masih soal tentang penyimpanan yaitu tentang penyimpanan telor dengan baik. Sama halnya dengan bahan hasil peternakan lainya telur merupakan hasil panen yang mudah sekali rusak dan membusuk jika tetap dibiarkan dan disimpan terlalu lama.


Tips penyimpanan telor
Penyimpanan telur yang baik sangat bermanfaat selain untuk stok kita dikonsumsi bisa juga telur yang disimpan untuk dijual pada konsumen dengan tujuan agar terjaga kualitas dari telur tersebut, pertanyaannya, untuk penyimpanan telur yang kita lakukan apakah sudah tepat?

Banyak faktor yang menyebabkan telur menjadi rusak dan mudah membusuk, diantaranya akibat benturan benda keras dan disimpan dalam suhu yang kurang ideal yang menyebabkan penguapan air dan zat yang ada didalam telur sehingga terjadi reaksi didalam telur serta terjadinya kontaminasi bakteri yang ada diluar cangkang yang masuk melalui pori-pori dari cangkang telur.

Untuk penyimpanan telur yang tepat blog sampulpertanian akan berbagi tipsnya, untuk lebih jelas mari kita simak tips penyimpanan telur sebagai berikut:

1. Penyimpanan dalam suhu rendah

Penyimpanan dalam suhu rendah umumnya sudah mulai dilakukan baik dirumah-rumah ataupun di toko toko swalayan, tujuan dari penyimpanan dengan suhu rendah agar telur bisa tahan lama bahkan untuk suhu tertentu bisa tahan sampai 6 minggu. Berikut tabel lama waktu penyimpanan dan suhu yang baik untuk telur :

Tempat, Suhu dan Daya tahan telur saat disimpan
Tempat penyimpanan
Suhu
Lama waktu
Kulkas
(Tempat penyimpanan telur)
3 Derajat Celcius
2 Minggu
Freezer
-4 sampai -10 Derajat Celcius
6 Minggu


2. Cara meletakan telur

Cara meletakan telurpun menjadi sangat berpengaruh, cara meletakan telur sebaiknya dalam posisi telur pada bagian runcing telur disimpan dibagian bawah dan pada bagian tumpul telur disimpan dibagian atas, dengan tujuan agar udara yang ada didalam telur tetap pada posisinya yakni diatas.

3. Perhatikan tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan merupakan hal yang peting berikutnya, untuk menyimpan telur dianjurkan disimpan berjauhan dengan benda yang berbau tajam, contohnya seperti Ikan asin, Bawang, Terasi, Durian dan lain-lain

Demikian artikel tentang tips cara menyimpan dan lama waktu yang baik untuk telur, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang cara penyimpanan terutama penyimpanan telur, akhirkata semoga bermanfaat dan tetap kunjungi blog sampulpertanian, karena masih banyak informasi dan tips lainnya yang bermanfaat. terima kasih.

No comments

Post a Comment