Monday, May 22, 2017

PEWARNA ALAMI MAKANAN, Inilah bahan yang bisa digunakan

PEWARNA ALAMI MAKANAN - Banyak makanan yang beredar dipasaran yang terlihat berwarna cerah dan sangat menarik dipandang, namun apakah warn... thumbnail 1 summary

PEWARNA ALAMI MAKANAN - Banyak makanan yang beredar dipasaran yang terlihat berwarna cerah dan sangat menarik dipandang, namun apakah warna dari makanan tersebut aman untuk kita konsumsi? masih bagus jika pewarna yang diberikan adalah pewarna makanan, namun jika yang diberikan adalah pewarna tekstil itu sangat berbahaya bagi kesehatan terutama pada fungsi ginjal dan peredaran darah kita.


Pewarna alami makanan
Artikel kali ini blog sampul pertanian akan menulis tentang bahan pewarna makanan alami yang bisa digunakan untuk membuat makanan seperti membuat mie maupun pewarna untuk kue-kue an. adapun bahan dan warna alami adalah sebagai berikut,

1. Pewarna Merah alami untuk makanan

Warna merah menjadi salahsatu warna favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa, untuk menghasilkan warna merah secara alami bisa dengan menggunakan bahan seperti Buah naga merah, umbi bit dan kelopak bunga Rosella.

2. Pewarna Hijau alami untuk makanan

Bahan alami yang aman untuk menghasilkan warna hijau bisa menggunakan daun bayam dan sawi, warna hijau yang dihasilkan adalah hijau cerah, selain menghasilkan warna bayam juga kaya akan zat besi yang berguna bagi tubuh kita.

3. Pewarna Kuning alami untuk makanan

Selanjutnya, untuk menghasilkan warna kuning pada makanan secara alami dan aman bisa menggunakan bahan seperti labu kuning dan kunyit, namun untuk penggunaan kunyit sebaiknya jangan terlalu banyak untuk kue-keuan, karena akan sedikit mengubah rasa dari kue tersebut, kunyit biasanya dipakai untuk pewarna nasi kuning, nasi tumpeng dan bumbu kuah, untuk kue sebaiknya menggunakan labu kuning saja.

4. Pewarna Ungu alami untuk makanan

Pewarna alami makanan yang bisa menghasilkan warna ungu salahsatunya adalah dengan menggunakan kelopak bunga sepatu, cara membuatnya cukup sederhana yakni dengan cara haluskan bunga sepatu beri sedikit air kemudian perah hingga keluar airnya dan siap ditambahkan sebagai pewarna makanan

5. Pewarna Pink atau merah muda alami untuk makanan

Untuk menghhasilkan warna merah muda atau pink untuk makanan bisa menggunakan buah strawberi ataupun buah rasberi, buah ini mempunyai warna yang merah, namun jika dicampurkan kedalam adonan warna lebih menyerupai warna merah muda.

6. Pewarna Biru alami untuk makanan

Bahan alami yang bisa menghasilkan warna biru yakni dengan menggunakan kubis atau kol, cara nya kubis atau kol direbus dengan air 6 gelas menggunakan api kecil selama kurang lebih 10 menit, kemudian kubis atau kol tadi pisahkan dari air rebusan dengan cara disaring, kemudian arie rebusan tadi rebus kembali agar warna lebih pekat kurang lebih menjadi setengah gelas. untuk menghasilkan warna bisa tambahkan baking soda sedikit demi sedikit sampai warna menjadi biru.

7. Pewarna Oranye alami untuk makanan

Warna oranye atau oren, bisa dihasilkan dari bahan alami seperti wortel, wortel bisa dengan cara dijus. biasanya pewarna ini cocok digunakan untuk jenis kue-kue yang manis, karena didalam kandungan wortel sudah terdapat rasa manis.

Demikian artikel PEWARNA ALAMI MAKANAN dan bahan yang bisa digunakan, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi tentang warna alami terutama bagi anda yang mendalami dibidang kuliner yang sehat diuntuk dikonsumi, terima kasih.

No comments

Post a Comment