Sunday, May 14, 2017

Pestisida Nabati Wereng batang coklat dari daun Sirsak (Annona muricata L)

Pestisida nabati atau disingkat pesnab adalah pestisida yang dibuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia yang tidak menimb... thumbnail 1 summary

Pestisida nabati atau disingkat pesnab adalah pestisida yang dibuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia yang tidak menimbulkan efek samping terhadap tanaman serta tidak menimbulkan residu tingkat tinggi pada lingkungan, banyak jenis bahan yang bisa dibuat untuk pestisida nabati salahsatunya adalah daun sirsak.


Pestisida Nabati Wereng batang coklat dari daun Sirsak (Annona muricata L)
Sirsak atau dibeberapa tempat menyebutnya dengan nama Durian belanda mempunyai buah yang dikenal sebagai salahsatu buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang melimpah, bukan hanya itu ternyata menurut artikel yang saya baca didalam daun sirsak pun terdapat kandungan seperti bahan aktif Arosone, Kalomen, Kalomenol, Kalameone, Eugenol dan Metil eugenol.

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari pohon sirsak untuk dijadikan pestisida nabati adalah pada bagian daun dan biji buah sirsak. adapun cara pembuatan pestisida nabati dari tanaman yang mempunyai nama ilmiah Annona muricata L. ini adalah sebagai berikut,

Bahan yang diperlukan

1. Daun sirsak sebanyak 1 kg
2. Bawang putih sebanyak 20 siung
3. Air 20 Liter dan,
4. Detergen 20 gram untuk perekat

Alat yang dipakai

1. Pisau
2. Ember
3. Tumbukan
4. dan alat lainnya yang diperlukan

Cara Pembuatan

Cara pembuatan pestisida untuk wereng batang coklat atau wbc ini cukup mudah dipraktikan, pertama bahan berupa daun sirsak dan bawang puti di cincang dan ditumbuk hingga halus, setelah bahan-bahan tadi ditumbuk halus kemudian tungkan air sebanyak 20 liter kedalam ember dan masukan bahan yang sudah ditumbuk halus secara bertahap, sambil diaduk tambahkan detergen secara perlahan untuk menghindari busa yang berlebih. setelah bahan tercampur dan diaduk dengan rata tutup ember tadi dengan rapat kemudian diamkan selama dua hari namun jika disimpan lebih lama pun tidak apa-apa.

Cara Aplikasi

Setelah masa menunggu bahan organik tadi selesai, sekarang waktunya untuk mengetahui dosis dan cara aplikasi dari pestisida nabati tersebut, larutan pestisida nabati tadi bisa dilarutkan kedalam air dengan perbandingan 1 liter bahan pesnab dicampur dengan 5-7 liter air, sebelum disemprotkan saring terlebih dahulu pesnab tadi agar menghindari tersumbatnya nodzel pada sprayer anda. frekuensi penggunaan pesnab ini setiap 4 atau 5 hari sekali.

Demikian cara membuat pestisida nabati dari bahan daun sirsak untuk mengendalikan hama wereng batang coklat (WBC), semoga tips ini bisa berguna dan bermanfaat, terima kasih.

No comments

Post a Comment