Thursday, May 18, 2017

Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal)

Pada postingan sebelumnya kita membahas Pengertian dari Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua) , sekarang blog sampulp... thumbnail 1 summary

Pada postingan sebelumnya kita membahas Pengertian dari Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua), sekarang blog sampulpertanian akan membahas artikel tentang Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal). Tanaman berjenis monokotil mempunyai ciri dan bentuk tanaman yang mudah untuk dibedakan dengan jenis tanaman seperti tanaman dikotil.


Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal)
Pengertian Monokotil adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai biji berkeping tunggal, tanaman jenis ini akan mempunyai biji tetap utuh saat ditanam namun lama kelamaan biji dari tanaman ini akan habis dengan sendirinya, berbeda dengan tanaman jenis dikotil yang mempunyai biji terbelah menjadi dua saat tanaman tumbuh pertama kali.

Tanaman atau tumbuhan dari jenis monokotil mempunyai ciri yang dapat dibedakan, dari mulai akar, batang, sampai pada bunganya, adapun ciri-ciri dari tanaman atau tumbuhan jenis monokotil adalah sebagai berikut,

1. Biji tanaman Monokotil

Biji tanaman monokotil dapat dilihat dengan mudah saat ditanam, biji tanaman monokotil akan tetap utuh namun lama kelamaan biji dari tanaman monokotil akan habis diserap, karena biji tersebut tersimpan cadangan makanan atau endosperm yang membantu memberikan makanan untuk tanaman saat pertama kali tumbuh.

2. Akar tanaman Monokotil

Ciri yang membedakan tanaman Monokotil atau Monocotyledon selanjutnya terletak pada perakaran tanaman, perakaran jenis tanaman atau tumbuhan ini mempunyai perakaran yang serabut, tanaman ini cenderung mempunyai perakaran yang cukup dangkal dan tidak kuat menahan angin sehingga mudah roboh seperti Padi dan pisang.

3. Batang tanaman Monokotil

Batang tanaman Monokotil ini umumnya tidak memiliki kambium didalamnya, sehingga jenis tanaman ini tidak bisa diperbanyak dengan caravegetatif sepeti cangkok dan okulasi

4.Daun tanaman Monokotil

Tanaman atau tumbuhan jenis monokotil dapat dilihat dari bentuk daunnya, daun pada tanaman monokotil mempunyai urat daun yang sejajar atau melengkung, biasanya mempunyai pelepahdaun, tidak beranting dan mempunayi daun tunggal.

5. Bunga tanaman Monokotil

Ciri tanaman atau tumbuhan dari jenis Monokotil bisa juga dilihat dari bunganya, bunga tanaman ini mempunya ciri khas pada jumla kelopak pada bunganya, umunya bunga dari jenis tanaman monokotil mempunyai jumlak kelopak 3 buah atau kelipatan seperti 6 dan sembilan. seperti contoh bunga anggrek dan bunga vanilli.

Demikian artikel tentang Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal), semoga artikel ini dapat menambah ilmu tentang dunia tumbuhan terutama tentang jenis tanaman monokotil, akhir kata terima kasih.

1 comment