-->
Pengertian DOC ayam atau ayam DOC (Day old chicken)

Pengertian DOC ayam atau ayam DOC (Day old chicken)

Pengertian DOC ayam atau ayam DOC adalah ayam dengan umur dibawah 10 hari dan paling lama 14 hari setelah ayam itu menetas, DOC ayam biasanya dipakai untuk istilah ayam pedaging atau ayam potong. Ayam dengan umur 1 hari dan paling lama 14 hari ini biasanya dijadikan sebagai bibit untuk diternakan oleh peternak ayam khususnya peternak ayam potong.


Pengertian DOC ayam
DOC sendiri merupakan singkatan dari Day old chicken atau dalam bahasa kita disebut dengan ayam berumur satu hari, berat atau bobot dari ayam DOC yang normal rata-rata dikisaran 35-40 gram per ekornya. DOC ayam sendiri sangat menentukan keberhasilan dari ternak ayam pedaging, sehingga dalam memilih DOC aya harus memperhatikan beberapa hal, seperti

1. DOC ayam haruslah sehat, ayam DOC sehat dapat dilihat dari mata yang cerah tidak sayu, bulu yang cerah dan kering, terlihat aktif dan tidak ada sisa kotoran pada anus dari ayam DOC, jika semua itu ada berati ayam DOC dikategorikan sehat.

2. DOC ayam yang baik diambil dari indukan yang baik juga, dalam arti indukan ayam yang baik itu sehat dan terbebas dari penyakit dan lebih terpenting tidak membawa penyakit bawaan dari induknya, hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan dari DOC itu sendiri

3. DOC ayam tidak mengalami cacat secara bawaan atau cacat saat terjadi kecelakaan seperti terjatuh saat membawa, adapun cacat yang dimaksud adalah mata buta, kaki pincang, paruh tidak tertutup dan kelainan lainnya yang secara kasat mata tidak terlihat

4. DOC ayam yang baik diambil dari indukan yang efesiensi penggunaan pakan, namun mempunyai daging yang tinggi dan pertumbuhan yang cepat, sehingga akan menghemat pakan dan waktu pemanenan.

5. Sebaiknya memilih DOC ayam terlebih dahulu sudah diberikan vaksin agar ayam tidak mudah terkena penyakit dan terjadi stress, salah satunya pemberian vaksin seperti vaksin ND.

Pembelian dan pemilihan DOC ayam merupakan hal terpenting dalam usaha ternak ayam pedaging, karena modal yang diperlukan sebesar 27% dari total modal yang diperlukan dalam ternak ayam, sehingga DOC ayam yang sehat akan sangat mempengaruhi hasil dari daging yang dihasilkan. demikian artikel tentang pengertian DOC ayam atau ayam DOC.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments