Thursday, May 18, 2017

Pengertian Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua)

Sering kita mengenal didalam dunia pertanian terutama dalam dunia tumbuhan dengan istilah Dikotil dan monokotil, dari sebagian orang mungk... thumbnail 1 summary

Sering kita mengenal didalam dunia pertanian terutama dalam dunia tumbuhan dengan istilah Dikotil dan monokotil, dari sebagian orang mungkin sudah tau apa pengertian dari kedua istilah tersebut, namun untuk mengingatkan kembali blog sampulpertanian akan sedikit membahas tentang Pengertian Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua), Sedangkan untuk monokotil kita akan membahas dipostingan berikutnya.


Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua)
Dikotil atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Dicotyledoneae adalah tumbuhan atau tanaman yang mempunyai biji terbelah tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua. untuk mengetahui dengan mudah tanaman atau tumbuhan itu dikotil atau monokotil lebih mudah dilihat disaat tumbuhan mulai mengeluarkan daun pertama atau disaat tanaman atau tumbuhan itu akan tumbuh.

Tanaman atau tumbuhan yang berkeping dua atau dikotil cenderung mempunyai biji akan terangkat ke atas oleh perakaran seiring tumbuhnya daun pertama, sedangkan perakaran akan terus tumbuh menyebar didalam tanah karena tanaman yang bersifat dikotil akan mempunya perakaran yang tunggang dengan bercabang-cabang.

Baca juga : Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal)

Tanaman atau tumbuhan dikotil mempunyai beberapa cici-ciiri yang membedakan antara tanaman dikotil dan tanaman monokotil, adapun ciri-ciri tanaman dikotil adalah sebagai berikut,

1. Biji tanaman Dikotil

Biji tanaman dikotil mempunyai keping dua, atau terbelah menjadi dua disaat biji dari tanaman pertama kali tumbuh atau disaat tanaman mengeluarkan daun pertama.

2. Akar tanaman Dikotil

Perakaran tanaman dikotil mempunyai perakaran yang tunggang dan bercabang-cabang, sehingga tanaman akan lebih kuat untuk mencengkram tanah, perakaran jenis tanaman dikotil cukup kuat untuk menahan dari angin atau bencana longsor sekalipun.

3. Batang tanaman Dikotil

Batang dari jenis tanaman atau tumbuhan dikotil atau Dicotyledoneae ini mempunyai banyak cabang dan ranting pada batangnya. seperti halnya tanaman mangga dan rambutan.

4. Batang tanaman Dikotil berkambium

Ciri khas dari tanaman jenis dikotil ini terdapat pada batangnya yakni mempunyai kambiaum didalamnya, sehingga jenis tanaman berkeping dua ini bisa diperbanyak dengan cara vegetatif atau dengan cara cangkok, stek, okulasi dan sambung pucuk maupun batang.

5. Bunga tanaman Dikotil

Bunga dikotil cukup unik dan mudah untuk di bedakan dengan jenis bunga dari tanaman monokotil, tanaman jenis Dikotil ini dapat dilihat dari jumlah kelopak pada bunganya, jika kelopak bunga berjumlah 4 dan 5 atau kelipatan dari jumlah tersebut maka tanaman tersebut adalah tanaman jenis dikotil sedangkan jika kelopak bungan 3 atau kelipannya tanaman tersebut masuk kedalam monokotil.

6. Tulang daun tanaman Dikotil

Tanaman dengan jenis dikotil atau berbiji belah ini mempunyai bentuk tulang daun yang menyirip atau menjari, seperti halnya terdapat pada tanaman rambutan, mangga dan jambu, sedangkan tulang daun menjadri dapat ditemukan pada tanaman singkong dan pepaya.

Demikian artikel tentang Pengertian Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua) menurut versi Blog sampulpertanian, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang dunia tanaman terutama tentang dikotil atan tanaman biji berkeping dua.

No comments

Post a Comment