Tuesday, May 16, 2017

MORFOLOGI TUMBUHAN GENJER (Limnocharis flava L.)

Genjer mungkin sebagian orang belum mengenalnya terutama perorangan yang tinggal dikota, namun untuk yang didaerah pedesaan saya rasa suda... thumbnail 1 summary

Genjer mungkin sebagian orang belum mengenalnya terutama perorangan yang tinggal dikota, namun untuk yang didaerah pedesaan saya rasa sudah mengenal apa itu genjer, sedikit mengulas tentang genjer, genjer merupakan tumbuhan yang tumbuh dilingkungan perairan dangkal seperti disawh, rawa ataupun sungai.


Morfologi genjer (Limnocharis flava L.)
Genjer seringkali dianggap gulma bagi tanaman pertanian, karena daya saing dalam penyerapan unsur hara cukup tinggi, genjer juga sering di kaitkan dengan masyarakat kalangan bawah pada zaman dahulu karena sering dijadikan lauk alternatif pada waktu itu.

untuk bagaimana morfologi dari tumbuhan genjer ini, artikel kali ini akan menerangkan secara singkat tentang morfologi dari tumbuhan genjer tersebut menurut versi blog sampul pertanian, morfologi dari genjer mencakup daun, batang, akar, bunga dan buah/biji, untuk lebih jelas bisa dilihat dibawah ini,

1. Daun genjer

Tumbuhan yang bernama latin Limnocharis flava L. ini mempunyai ciri warna hijau, jika sudah tua daun akan berwarna kuning, bentuk dari daun genjer cenderung bulat dengan ujung pada tangkai mirip dengan hati dengan dibatasi ruas ditengah daun. dengan diameter daun kisaran 5-25 cm.

2. Batang genjer

Batang dari tumbuhan genjer berbentuk bulat dan berwarna hijau, batang dari tumbuhan genjer tidak mempunyai kambium dan cenderung mengandung air yang tinggi, sehingga batang tumbuhan genjer lunak dan mudah untuk dipotong, panjang dari patang genjer ini sekitar 15-50 cm.

3. Akar genjer

Genjer termasuk kedalam tumbuhan monokotil, sehingga tumbuhan ini mempunyai akar yang serabut dengan menyebar dan menancap kuat kedalam tanah, akar genjer mempunyai warna kecoklatan.

4. Bunga genjer

Genjer memiliki bunga berwarna kuning, baik kelopak, putik, kepala putiknya. bunga tumbuhan ini terletak diantara batang tanaman. panjang tangkai bunga genjer  sekitar 15-25 cm dan memiliki bunga yang majemuk terdiri dari 3-15 kuntum bunga.

5. Buah dan biji genjer

Buah genjer berbentuk  bulat, berwarna hijau dengan terletak pada tangkai tanaman. diameter buah genjer sekitar 0,5-1,5cm. dalam satu kumpulan buah terdiri dari 5-6 buah didalamnya, biji dari genjer berwarna hitam yang terdapat didalam buah genjer. biji dapat tumbuh menjadi tanaman baru

Demikian ringkasan secara singkat tentang tumbuhan genjer, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang morfologi tumbuhan terutama tumbuhan genjer, akhirkata terima kasih.

No comments

Post a Comment