Saturday, May 13, 2017

Morfologi Bunga Kipait atau kembang bulan atau Rondosemoyo (Tithonia diversifolia)

Bunga Kipait atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Tithonia diversifolia merupakan bunga yang berasal dataran meksiko yang mulai menyeb... thumbnail 1 summary

Bunga Kipait atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Tithonia diversifolia merupakan bunga yang berasal dataran meksiko yang mulai menyebar ke benua Asia dan Efrika mulanya hanya sebuah tanaman hias, namun seiring perkembangannya yang pesat tumbuhan ini sekarang sudah menjadi gulma terutama gulma pada lahan-lahan pertanian.


Morfologi bunga Kipait
Tumbuhan bunga kipait atau rondosemoyo ini mempunyai tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter jika berada dalam kondisi tanah yang baik, biasanya tumbuhan bunga kipait mudah ditemukan dipinggiran-pinggiran irigasi atau diahan gersang sekalipun. tumbuhan ini mampu tumbuh diketinggian sekitar 500 sampai 1950 mdpl.

Morfologi bunga kipait terbagi dalam beberapa bagian seperti akar, batang, daun, bunga dan biji, adapun keterangan tentang morfologi dari tumbuhan bunga kipait ini adalah sebagai berikut,

1. Akar bunga kipait

Perakarang bunga kipait mempunyai akar yang serabut, dengan menancap dalam dibawah tanah sehingga tanaman ini cocok sebagai tanaman hias untuk menahan erosi ringan, selain dari itu akar dari bunga kipait ini terdapat jutaan cendawan dan bakteri hidup menempel pada akar yang berfungsi sebagai pelarut kalium dan fospat.

2. Batang Bunga Kipait

Batang dari tumbuhan ini mempunyai bentuk bulat dan berkayu, pada bagian batang ditumbuhi ranting-rantai yang dapat mengeluarkan tangkai bunga, batang dari bunga kipait ini sendiri mudah untuk dipatahkan dan mudah untuk tumbuh kembali.

3. Duan Bunga Kipait

Bunga kipait mempunyai ciri-ciri bunga sebagai berikut, berbentuk oval dengan pinggiran daun bergerigi rata-tara panjang daun sekitar 5-8 cm. warana daun dari tumbuhan kipait ini berwarna hijau, dibagian bawah bunga ini sedikit berwarna abu-abu.

4. Bunga dari tumbuhan kipait

Bunga dari tanaman Tithonia diversifolia ini mempunyai mempunyai mahkota bunga berwarna hijau dengan mahkota bungan berwarna kuning dan oranye tergantung jenis dari tumbuhan ini, bunga kipait ini mempunyai jenis kelamin ganda jadi dalam satu bunga sudah terdapat benang sari dan putik. lebar dari bunga ini sekitar 10-15 cm.

5. Biji Bunga Kipait

Biji bunga kipat terletak ditengah-tengan bunga, warna dari biji tumbuhan ini berwarna coklat dan berbentuk bulat dan keras. 

Demikian artikel tentang morfologi dari bunga kipait atau kembang bulan atau Rondosemoyo (Tithonia diversifolia), semoga bisa menambah referensi tentang morfologi bunga terutama bunga kipait, akhirkata saya ucapkan terima kasih

No comments

Post a Comment