Tuesday, May 30, 2017

Manfaat dan fungsi Fosfor atau Phosphor (P) bagi tanaman

Fosfor atau Phospor merupakan salahsatu unsur kimia yang sangat diperlukan bagi tanaman untuk pertumbuhan, pupuk fosfor sendiri biasanya d... thumbnail 1 summary

Fosfor atau Phospor merupakan salahsatu unsur kimia yang sangat diperlukan bagi tanaman untuk pertumbuhan, pupuk fosfor sendiri biasanya diberikan dengan cara ditabur atau ditebarkan langsung kedalam tanah, pupuk fosfor ini yang sering kita lihat atau jumpai adalah pupuk SP-36 karena pupuk ini mempunyai kandungan fosfor sebanyak 36%.

Manfaat dan fungsi Pupuk Fosfor (P) bagi tanaman
Bentuk dari pupuk SP-36 adalah granul atau butiran-butiran kecil yang mempunyai warna biru keabu-abuan. dengan banyaknya kandungan fosfor didalamnya pupuk fosfor sangat berguna untuk tanaman, penggunaan pupuk fosfor ini biasanya dkombinasi dengan pupuk N, Pemupukan Fosfor (P) pada tanaman padi biasanya diberikan oleh petani pada umur tanaman seiktar 14-15 hari setelah tanam atau pada waktu pemupukan pertama.

Manfaat dan fungsi dari Pupuk Fosfor (P) bagi tanaman banyak sekali, baik untuk pertumbuhan maupun untuk membantu pembentukan bunga pada tanaman, oleh karena itu untuk lebih jelas tentang manfaat dan fungsi fosfor bagi tanaman adalah sebagai berikut,

1. Merangsang pembentukan akar baru

Pemberian pupuk fosfor ini membantu merangsang pertumbuhan akar baru, dengan mempunyai cabang perakaran yang lebih banyak akan membantu tanaman menyerap unsur hara lebih optimal

2. Memperkuat batang

Untuk memperkuat batang bisa dengan memberikan pupuk fosfor, pemberian pupuk yag mengandung fosfor tinggi sangat diperlukan bagi tanaman terutama bagi tanaman padi agar tanaman tidak mudah roboh atau rebah saat terkena hujan dan angin.

3. Memenuhi kebutuhan Fosfor

Kebutuhan tanaman akan unsur hara termasuk kebutuhan unsur hara fosfor bisa disuplay dengan cara pemberian pupuk fosfor secara tepat waktu, waktu pemberian yang ideal untuk pupuk fosfor adalah pada waktu pemupukan pertama.

4. Merangsang pembentukan bunga dan buah

Jika tanaman ingin berbunga da berbuah dengan cepat, pemeberian pupuk fosfor menjadi salahsatu solusinya. pemberian pupuk fosfor ini akan merangsang pembentkan bungan dan buah.

Demikian artikel tentang fungsi dan manfaat dari fosfor bagi tanaman, untuk memaksimalkan hasil dari tanaman pemberian pupuk fosfor ini bisa dikombinasikan dengan jenis pupuk lainna seperti pupuk N dan Pupuk yang mengandung K. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments

Post a Comment