Friday, May 26, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Pisang (Musa parasidica)

Pisang salahsatu tanaman yang mudah kita jumpai, tanaman yang mempunyai ciri khas berdaun lebar ini kebanyakan dibudidayakan dengan cara v... thumbnail 1 summary

Pisang salahsatu tanaman yang mudah kita jumpai, tanaman yang mempunyai ciri khas berdaun lebar ini kebanyakan dibudidayakan dengan cara vegetatif atau tunas anakan. di Indonesia merupakan salahsatu negara yang mempunyai varian pisang yang cukup banyak.


Klasifikasi dan Morfologi Pisang (Musa parasidica)
Tanaman pisang diklasifikasikan kedalam kelas monokotil atau berbiji tunggal, untuk lebih tahu tentang klasifikasi tanaman pisang bisa dilihat dibawah ini.

Klasifikasi tanaman Pisang
(Musa parasidica)
Kingdom
Plantae (Tumbuhan)
subkingdom
Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi
Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi
Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas
Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas
Commelinidae
Ordo
Zingiberales
Famili
Musaceae (suku pisang-pisangan)
Genus
Musa
Spesies
Musa paradisiaca

Morfologi tanaman pisng terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya daun, batang, akar, bunga dan buah, untuk lebih lengkap tentang diri-diri tanaman pisa bisa dilihat dibawah ini,

Daun

Tanaman pisang merupakan tanaman berdaun lebar, panjang daun bisa mencapai 2 meter dengan lebar 40-50cm, dengan dipisahkan dengan tangkai daun, posisi tangkai daun membelah daun menjadi 2 bagian, daun pisang mempuyai garis-garis ditepian daun sehingga daun mudah sekali robek.

Batang

Tanaman pisang memiliki tinggi 2-3 meter tergantung jenis pisang, batang langsung terhubung dengan akar dan bonggol pisang, bentuk batang bulat dengan dilapisi pelepah dibagian batangnya, batang pisang mempunyai kadar air yang tinggi sehingga mudah untuk ditebas.

Akar

Dengan digolongkan kedalam kelas monokotil, tanaman pisang mempunyai perakaran yang serabut dengan berpusat pada boggol pisang, perakaran pisang tidak terlalu dalam masuk kedalam tanah sehingga tanaman pisang mudah roboh jika tanah bertekstur gembur, pada bagian bonggol tumbuh tunas baru.

Bunga

Bunga tanaman pisang berwarn kuning, dengan dilapisi kelopak bunga yang berwarna merah, kita sering menyebut bunga pisang dengan sebutan jantung pisang, letak bunga diujung tandang buah pisang. bunga tanaman ini merupakan bunga yang sempurna yang terdiri dari jantan dan betina

Buah

Buah pisang mempunyai warna kuning saat matang dan hijau disaat masih mentah, buah pisang terletak pada sisir tanaman yang menempel pada tandan pisang, setiap sisir terdapat 10-20 buah pisang, sedangkan setiap tandan memiliki 6-20 sisir pisang.

Demikian klasifikasi dan morfologi dari tanaman pisang, semoga artikel ini bisa memberikan referensi tentang tanaman pisang, akhir kata saya semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments

Post a Comment