Thursday, May 25, 2017

Klasifikasi dan Morfologi Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.)

Artikel kali ini blog sampulpertanian akan membahas tentang klsifikasi dan morfologi dari cecenet atau ciplukan, cecenet atau orang sering... thumbnail 1 summary

Artikel kali ini blog sampulpertanian akan membahas tentang klsifikasi dan morfologi dari cecenet atau ciplukan, cecenet atau orang sering menyebutnya deengan cecndet ada juga yang menyebutnya dengan ciplukan merupakan tanaman yang mudah ditemukan di kebun atau diladang sebagai gulma.

Klasifikasi dan morfologi (Physalis angulata L.)
Cecenet atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Physalis angulata L. diperkirakan berasal dari benua Amerika dan sangat cocok tumbuh di daerah tropis termasuk di Indonesia. Cecenet diklasifikasikan kedalam kelas tumbuhan dikotil atau tanaman berkeping dua, untuk lebih jelas tentang klasifikasi dari cecenet bisa dilihat dibawah ini.

Klasifikasi Cecenet atau ciplukan
(Physalis angulata L.)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Eudicots

Asterids
Order
Solanales
Family
Solanaceae
Genus
Physalis
Species
P. angulata

Didalam morfologi tanaman cecenet secara garis besar bisa terdiri dari daun, batang, akar, bunga dan buah. adapun morfologi dari cecenet atau ciplukan adalah sebgai berikut,

1. Morfologi daun cecenet

Daun cecener mempunyai panjang sekitar 7- 15 cm dengan lebar 3-5 cm, mempunyai bentuk yang oval dengan diunung daun meruncing dan ditiap pinggiran daun berbentung bergerigi atau bergelombang. warna dari daun cecenet ini berwarna hijau.

2. Morfologi batang cecenet

Batang dari tumbuhan cecenet mempunyai tinggi sekitar 0,5-1 meteran dengan pangkal batang berwarna coklat. bentuk batang berwarna bulat beralur. jika batang sudah tua batang cecenet akan mengeras seperti kayu

3. Morfologi akar cecenet

Tumbuhan cecenet masuk kedalam kelas tumbuhan dikotil, berarti akar tumbuhan ini mempunyai akar yang tunggang yang bercabang, akar tumbuhan ini akan membesar seiring pertumbuhan batang, warna dari akar cecenet berwarna putih.


4. Morfologi bunga cecenet

Bunga tumbuhan cecenet mempunyai bunga tunggal yang tumbuh diujung tangkai, bunga tumbuhan ini berwarna putih pada ujung kelopak dan kecoklatan pada pangkal kelopak bunga, bunga ini mempunyai 5 sisi ujung pada kelopak bunga nya. 

5. Morfologi buah cecenet

Buah tumbuhan ini cukup unik, buah cecenet diselubungi seperti kubah sehingga menutupi buah dati tumbuhan tersebut, buah cecenet berbentuk bulat dengan berwarna hijau benih ketika masih mentah dan berwarna kuning saat buah sudah matang.

Demikian artikel tentang klasifikasi dan morfologi dari Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.), semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang tumbuhan cecenet atau ciplukan. akhir kata terima kasih.



No comments

Post a Comment