Friday, May 12, 2017

Kacang Hijau (Vigna radiata) mengenal manfaat, klasifikasi dan morfologi

Kacang hijau adalah tanaman yang tergolong kedalam tanaman palawija namun tanaman ini sangat dicari karena kebutuhan dipasaran untuk kacan... thumbnail 1 summary

Kacang hijau adalah tanaman yang tergolong kedalam tanaman palawija namun tanaman ini sangat dicari karena kebutuhan dipasaran untuk kacang yang satu ini sangat meningkat setiap saatnya, kacang hijau menjadi kacang no. 3 yang sangat dicari dimasyarakat setelah kacang kedelai dan dan kacang tanah.


Kacang Hijau (Vigna radiata)
Dari jenis kacang yang dikonsumsi masyarakat kacang hijau merupakan salah satu kacang yang dapat dimanfaatkan pada bijinya seperti halnya kacang kedelai namun berbeda jika dibandingkan dengan kacang panjang. kacang hijau mempunyai banyak protein nabati yang terkandung didalamnya, sehingga kacang hijau dapat memenuhi kebutuhan protein sehari-hari.

Pemanfaatan kacang hijau dimasyarakat umumnya dijadikan bahan baku kue seperti onde-onde dan bakpau, namun yang sering kita lihat kacang hijau ini sering dijadikan sebagai bubur yakni untuk dijadikan bubur kacang hijau. untuk bahan masakan ternyata kacang hijaupun bisa namun biasanya kacang hijau terlebih dahulu dijadikan kecambah atau sering kita kenal dengan nama taoge atau toge.

Klasifikasi kacang hijau

Kacang hijau diklasifikasikan kedalam suku polong-polongan atau dalam bahasa ilmiah disebut Fabaceae, untuk lebih jelas tentang klasifikasi kacang hijau bisa dilihat dibawah ini,

Klasifikasi kacang hijau (Vigna radiata)
Kingdom
Plantae
Division
Magnoliophyta
Class
Magnoliopsida
Order
Fabales
Family
Fabaceae
Genus
Vigna
Species
V. radiata

Morfologi kacang hijau

Kacang hijau memiliki morfologi terdiri dari daun, batang, akar, bunga dan bUah atau polong, untuk lebih rinci tentang morfologi dari kacang hijau dapat lihat rincian dibawah ini,

1. Daun Kacang hijau

Kacang hijau mempunyai ciri-ciri berbentuk hampir menyerupai segitiga dengan lancip pada ujungnya, biasanya daun kacang hijau mempunyai 3 helai daun disetiap tangkai daunnya, daun dari kacang hijau berwarna hijau dan jiga sudah menua daun akan berwarna kuning dan akhirnya akan berwarna coklat.

2. Batang Kacang hijau

Tanaman yang mempunyai nama latin Vigna radiata ini mempunyai batang yang berwarna hijau kemerahan atau terkadang berwarna kecoklatan tergantung varietas, bentuk dari batang kacang hijau adalah bulat dengan ukuran diameter 2-5 mm dan memiliki buku-buku pada batangnya. batang tanaman ini biasanya memiliki tinggi sekitar 1 meter dengan memiliki cabang yang menyebar.

3. Akar Kacang hijau

Akar tanaman ini mempunyai akar yang tunggang, namun memiliki akar-akar kecil yang mengelilingi akar tunggangnya, warna akar dari tanaman ini berwarna coklat, dengan panjang akar kacang hijau sekitar 15-20 cm.

4. Bunga Kacang hijau

Bunga kacang hijau menyerupai bentuk kupu-kupu dengan memiliki kelamin yang sempurna yakni putik dan benangsari sudah terdapat pada bunga tersebut, penyerbukan kacang panjang dilakukan pada malam hari. warna dari bunga kacang hijau sendiri mempunyai warna kuning.

5. Buah atau polong Kacang hijau

Kacang hijau mempunyai buah berbentuk memanjang, dengan panjang rata-rata 10-15cm dengan didalamnya terdapat polong yang berwarna hijau, buah kacang hijau memiliki warna hijau disaat muda, sedangkan saat tua warna dari buah akan berubah menjadi hitam dengan disertai warna polong yang berubah menjadi warna hijau.

Demikian Morfologi dari kacang hijau, tanaman yang dipanen diusia kisaran 60-70 hari setelah tanam ini biasanya ditanam oleh para petani sesudah tanam padi selesai atau pada musim tanam palawija kisaran bulan Agustus dan september.

Manfaat Kacang hijau

Menurut sebuah artikel yang saya baca ternyata dengan mengkonsumsi kacang hijau secara teratur bisa memberikan manfaat bagi kesehatan pada tubuh kita, banyak manfaat yang didapat jika kita mengkonsumsi kacang hijau, diantaranya menjaga kesehatan jantung, membantu kuatkan gigi dan sehat untu ibu hamil, sedangkan untuk kecantikan kacang hijau bisa membantu menghilakan bekas cacar dan jerawat dengan cara kacang hijau dibuat sebagai masker untuk dioleskan.

Demikian artikel tentang kacang hijau, semoga kita menambah pengetahuan tentang kacang hijau terutama pada klasifikasi, morfologi dan manfaat dari kacang hijau itu sendiri, akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung di blog sampulpertanian, kunjungi terus blog sampul pertanian dapatkan tips-tips lainnya.

No comments

Post a Comment