Monday, May 29, 2017

Jenis AGENS HAYATI yang ada di alam dan bisa dikembangbiakan

Agen hayati atau organisme yang secara nyata bisa mengendalikan hama dan penyakit tanaman dengan cara yang alami. banyaknya jenis agen hay... thumbnail 1 summary

Agen hayati atau organisme yang secara nyata bisa mengendalikan hama dan penyakit tanaman dengan cara yang alami. banyaknya jenis agen hayati yang ada dialam ternyata bisa diperbanyak dan bisa diaplikasikan kepada tanaman yang terserang atau tertular dari hama dan penyakit yang bisa merugikan hasil produksi pertanian.


Jenis Agens hayati
Agen hayati atau bisa kita sebut sebagai musuh alami dari hama ini mempunyai berbagai macam jenisnya dan manfaatnya untuk pengendalian hama dan penyakit pada tanaman, adapun beberapa jenis agen hayati bisa disimak dibawah ini,

Corynebacterium sp.

Corynebacterium merupakan agen hayati yang bisa mengendalikan beberapa organisme pengganggu tanaman, seperti pada tanaman yang tertular Virus Xanthomonas sp atau kita sering mengenalnya dengan nama penyakit kresek pada tanaman padi, Corynebacterium sp, bisa dikembangkan dengan air rebusan dari kentang dengan metode khusus.

Trichoderma sp

Trichoderma sp merupakan agen hayati yang tergolong kedalam jenis cendawan atau fungi yang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan penyakit layu atau bercak daun pada tanaman padi, Trichoderma sp juga bisa dipakai sebagai dekomposer untuk pembuatan pupuk organik.

Beauveria bassiana

Agen hayati dari jenis cendawan ini mempunyai kemampuan untuk menimbulkan penyakit terhadap serangga, banyak serangga yang ada di alam bebas menjadi inang dari cendawan ini, seperti contoh serangg Nilapartata Lugens dan Aphid SP.

Pseudomonas Fluorescens

Agen hayati Pseudomonas Fluorescens sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan patogen, karena Pseudomonas Fluorescens akan menghasilkan antibiotik sehingga patogn akan dihambat penyebarannya. patogen yang bisa di hambat adalah Verticilium dahliae dan fusarium.

Demikian artikel tentang jenis AGENS HAYATI yang ada di alam. Semoga dengan menggunakan agen hayati bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia. akhir kata saya ucapkan terima kasih.

No comments

Post a Comment