Sunday, May 28, 2017

Hama Thrips (Thrips tabaci) mengenal dan mengetahui lebih lengkap

Mengenal lebih jauh tentang hama Thrips ( Thrips tabaci Lindeman ) adalah salahsatu jenis hama dari kelas insect atau kelas serangga yang ... thumbnail 1 summary

Mengenal lebih jauh tentang hama Thrips (Thrips tabaci Lindeman) adalah salahsatu jenis hama dari kelas insect atau kelas serangga yang berukuran sangat kecil dengan tipe mulut menusuk dan menghisap. Hama Thrips biasanya menyerang tanaman seperti cabai, mentimun, tomat dan bawang.


Hama Thrips (Thrips tabaci lindeman)
Hama yang mempunyai nama latin Thrips Tabaci Lindeman ini mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga sulit untuk melihanya seluruhnya secara kasat mata, namun menurut beberapa artikel serangan hama Thrips ini dikategorikan serangan no. 1 karena jika hama Thrips menyerang akan mengakibatkan fatal bagi tanaman yang diserangnya.

Serangan yang ditimbulkan seperti kriting pada daun, rontoknya bunga dan lebih parah akan terhentinya pertumbuhan pucuk karena daun mengalami kering dan rontok. sebenarnya serangan hama thrips tidak begitu bahaya namun yang lebih bahayanya adalah virus yang ditularkan disaat ia mengigit dan menghisap cairan didalam daun pada tanaman.

Hama Thrips mempunyai ukuran sangat kecil yakni sekitar 1 mm, dengan warna kuning, coklat atau hitam pada tubuhnya, biasanya mudah ditemukan dibagian dalam pada daun yang diserangnya dengan hidup secara berkoloni. pada bagian hama Thrips jantan tidak memiliki sayap sedangkan hama Thrips betina mempunyai dua pasang sayap pada tubuhnya.

Hama Thrips mempunyai siklus hidup cukup singkat yakni sekitar 3 minggu, sehingga dalam satu tahun hama Thrips ini bisa mencapai 5 sampai 10 generasi yang hidup. hama Thrips berkembang biak dengan secara partenogenesis atau dapat menghasilkan telur tanpa melalui proses kawin terlebih dahulu. setiap koloni telur hama thrips bisa mencapai 80 samapai 120 butir telur.

Hama thrips diklasifikasikan kedalam ordo Thysanoptera atau hewan yang mempunyai siklus hidup paurometabola yakni telur, nimfa dan kemuidan menjadi imago. Untk lebih lengkap tentang klasifikasi dari hama thrips bis kita lihat dibawah ini.

Klasifikasi hama Thrips
(Thrips Tabaci Lindeman)
Kingdom
Animalia
Phylum
Arthropoda
Class
Insecta
Order
Thysanoptera
Family
Thripidae
Subfamily
Thripinae
Genus
Thrips
Species
T. tabaci


Gejala yang diakibatkan serangan hama thrips diantaranya daun akan terdapat putih seperti perak kemudian berca tadi akan berubah warna menjadi kecolatan dan binting hitam dan dalam beberapa hari daun akan menjadi keriting dan daun akan sulit untuk berkembang hingga akhirnya akan rontok. serangan hama thrips akan meningkat pada musim penghujan karena dalam keadaan lembab hama thrips sangat menyukainya.

Demikian artikel tentang hama Hama Thrips (Thrips tabaci) semoga artikel ini bisa mengenal dan mengetahui lebih lengkap tentang hama bernama latin Thrips tabaci Lindeman. tetap kunjungi terus blog sampulpertanian dan masih banyak info menarik lainnya yang mungkin bisa anda manfaatkan. Terima kasih.

No comments

Post a Comment