Tuesday, May 16, 2017

Gulma KENCANA UNGU atau PLETESAN (Ruellia tuberosa L.)

Salahsatu gulma yang sering dijumpai didaerah adalah gulma kencana ungu atau pletesan, menurut artkel di wikipedia, gulma yang mempunyai n... thumbnail 1 summary

Salahsatu gulma yang sering dijumpai didaerah adalah gulma kencana ungu atau pletesan, menurut artkel di wikipedia, gulma yang mempunyai nama latin Ruellia tuberosa L. ini berasal dari dataran Amerika tengah seiring perkembangan waktu gulma ini mampu menyebar ke negara-negara tropis seperti Asia selatan dan Asia tenggara termasuk Indonesia.


GULMA KENCANA UNGU/PLETESAN (Ruellia tuberosa L.)
Gulma ini mempunyai ciri yang khas yang mudah dikenali, ciri khas tumbuhan ini adalah pada bunga nya, bunga tumbuhan ini berwarna ungu terang sehingga bisa terlihat di antara gulma-gulma lainnya, ciri kedua yaitu terletak pada polongnya, polong tumbuhan ini bisa meletus atau hancur jika terkena air.

Berbicara polong tumbuhan ini biasanya anak kecil sering kali memainkannya, dengan memetik polong yang sudah tua yang berwarna coklat kehitaman kemudian diolesi ludah atau air maka polong tersebut akan meletus atau hancur terbelah menjadi dua bagian dimana biji yang terdapat didalam polong tersebut akan menyebar.

Tumbuhan Kencana ungu (Ruellia tuberosa L.) termasuk kedalam tumbuhan dua tahunan, umumnya mudah ditemukan dilingkungan lembab dan teduh, seperti dipadang rumput, pinggir jalan dan aliran sungai. gulma kencana ungu atau pletesan diklasifikasikan kedalam keluarga Acanthaceae atau tumbuhan dari jenis dikotil dengan mempunyai perakaran tunggang dan memiliki buntil dibagian akarnya, untuk lebih lengkap klasifikasi gulma kencana ungu atau pletesan ini bisa dilihat dibawah ini,

Klasifikasi Gulma Kencana Ungu/Pletesan
(Ruellia tuberosa L.)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Eudicots

Asterids
Order
Lamiales
Family
Acanthaceae
Genus
Ruellia
Species
R. tuberosa

Gulma kencana ungu atau pletesan mempunyai bentuk daun oval dengan mempunyai tulang daun, warna pada daun ini berwarna hijau, sedangkan batang tumbuhan ini berbentuk segiempat dengan mempunyai percabangan yang banyak serta ditumbuhi bulu halus dibagian pinggir batangnya, tinggi dari tumbuhan ini sekitar 50-1mm cm tergantung habitat ia tumbuh.

Demikian artikel tentang gulma kencana ungu atau pletesan, semoga bisa menambah referensi tentang gulma terutama gulma kencana ungu, kunjungi terus blog sampulpertanian, masih banyak artikel dunia pertanian yang menarik lainnya, terima kasih.

No comments

Post a Comment