Tuesday, May 16, 2017

GENJER (Limnocharis flava L) Gulma yang bermanfaat

Genjer adalah gulma yang sering kita temukan di daerah perairan-peraian dangkal, seperti contohnya di sawah, rawa dan disungai yang dangka... thumbnail 1 summary

Genjer adalah gulma yang sering kita temukan di daerah perairan-peraian dangkal, seperti contohnya di sawah, rawa dan disungai yang dangkal. didaerah-daerah tertentu genjer ini sangat mengganggu lahan pertanian sehingga seringkali diperlukan penanganan khusus untuk mengendalikannya.


Gulma genjer
Genjer diklasifikasikan kedalam kelas liliopsida atau tumbuhan mempunyai akar serabut dan tulang daunnya sejajar atau melengkung, tumbuhan dengan kelas ini tidak mempunyai cabang dan pada batangnya tidak berkambium. semua tumbuhan pada kelas  liliopsida adalah tumbuhan monokotil. untuk mengetahui klasifikasi lengkap dari tumbuhan genjer dapat dilihat dibawah ini,

Klasifikasi Gulma Genjer
(Limnocharis flava L.)
Kingdom
Plantae
Divisi
Magnoliophyta
Kelas
Liliopsida
Ordo
Alismatales
Famili

Limnocharitaceae
Alismataceae
Genus
Limnocharis
Spesies
L. flava

Selain sebagai gulma pada lahan pertanian, ternyata tumbuhan genjer bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi, adapun manfaat dari tumbuhan genjer ini diantaranya, untuk memperlancar pencernaan, menambah nafsu makan dan mengikat lemak dalam tubuh.

Genjer atau dalam bahasa ilmiah disebut Limnocharis flava L sering dikaitkan dengan masyarakat bawah, karena pada zaman dahulu ketika masyarakat tidk ada lauk untuk dimakan, tumbuhan genjerlah yang menjadi salahsatu teman makan masyarakat waktu itu, namun walau sering dikaitkan dengan masyarakat bawah, tumbuhan genjer ternyata banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita seperti, serat, kalsium, zat besi dan protein nabati.

Pertumbuhan genjer cukup pesat oleh karena itu diperlukan pengendalian yang insentif adapun cara pengendalian gulma genjer ini terbilang cukup mudah, bisa dilakukan dengan secara manual yakni dengan cara dicabut hingga akarnya dan dengan cara penyemprotan herbisida pada daun dan batang tumbuhan genjer tersebut.

Peran tumbuhan genjer sebagai gulma adalah, tumbuhan ini akan terus tumbuh pada lahan pertanian terutama pada daerah yang ketersediaan airnya cukup sehingga akan memenuhi area dari lahan pertanian itu sendiri, selain dari itu tumbuhan genjer dapat menyerap unsur hara yang cukup tinggi dan akan terjadi persaingan penyerapan unsur hara antara tanaman budidaya dengan genjer itu sendiri.

Demikian artikel singkat tentang tumbuhan genjer (Limnocharis flava L), semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang tumbuhan genjer baik itu habitat, manfaat dan kandungan yang terdapat didalam tumbuhan genjer. akhir kata saya ucapkan terima kasih.

No comments

Post a Comment