Tuesday, May 30, 2017

Fungsi dan manfaat Nitrogen (N) untuk tanaman

Kebutuhan pupuk N bagi tanaman sangatlah penting, unsur N diketahui merupakan salahsatu dari unsur yang sangat dibutuhkan tanaman seperti ... thumbnail 1 summary

Kebutuhan pupuk N bagi tanaman sangatlah penting, unsur N diketahui merupakan salahsatu dari unsur yang sangat dibutuhkan tanaman seperti halnya unsur P dan K. Nitrogen yang sering kita jumpai dalam bentuk pupuk urea, didalam pupuk urea yang ada dipasaran sendiri mengandung 46% Nitrogen.


Manfaat dan funsi Nitrogen bagi tanaman
Bentuk pupuk N dipasaran yang umumnya kita ditemui adalah berbentuk gadul atau butiran yang mudah larut didalam air, namun dari sumber alami unsur Nitrogen ini bisa didapat pada bahan-bahan organik dan mineral tanah,

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman perlu diberikannya tambahan secara pemupukan urea. manfaat dan fungsi Nitrogen sendiri sebagai penyusun asam amino, asam nukleat, nukleotida dan klorofil pada tanaman. Manfaat Nitrogen bagi tanaman adalah sebagai berikut,

1. Merangsang pertumbuhan tanaman

Pemberian unsur Nitrogen (N) pada tanaman membantu merangsang pertumbuhan tanaman dari tinggi tanaman, jumlah anakan ataupun merangsang cabang dan daun muda untuk tumbuh.

2. Memberikan warna hijau daun lebih baik

Warna hijau sangat penting bagi daun, selain terlihat tanaman lebih sehat warna hijau juga memberikan proses fotosintesis lebih baik, dengan baiknya proses fotosintesis maka tanaman akan tumbuh dengan cepat dan sehat.

3. Memberikan kebutuhan unsur Nitrogen bagi tanaman

Unsur Nitrogen yang ada didalam mineral tanah sedikit demi sedikit akan berkurang karena akan di isap terus oleh tanaman, sehingga perlu ditambah atau diberikannya unsur N dengan cara pemupukan dengan urea

4. Meningkatkan produksi daun

Pemberian Nitrogen (N) sangat dianjurkan pada tanaman sayuran terutama sayuran dengan hasil panen pada daunnya, seperti sawi, bayam dan kangkung. dengan pemberian pupuk N akan merangsang pembentukan daun lebih cepat.

5. Membantu fotosintesis pada tanaman

Untuk menghasilkan asam amino atau protein dan karbohidrat bagi tanaman diperlukan fotosintesis yang baik, dengan diberikan pupuk N akan membantu proses fotosintesis tersebut menjadi lebih baik sehingga tanaman akan tumbuh lebih cepat.

Untuk pemberian pupuk N pada tanaman biasanya diperikan pada masa pertumbuhan vegetatif yakti saat pembentukan tunas dan anakan tanaman, dalam fase generatif sebaiknya dikurangi karena akan membuat tanaman akan muda kembali. demkia artikel tentang manfaat dan fungsi Nitrogen bagi tanaman, semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment