Tuesday, May 30, 2017

Fungsi dan Manfaat Kalium (K) bagi tanaman

Unsur K atau Kalium merupakan unsur yang diperlukan tanaman dalam jumlah yang besar atau makro sama halnya dengan unsur Nitrogen (N) dan P... thumbnail 1 summary

Unsur K atau Kalium merupakan unsur yang diperlukan tanaman dalam jumlah yang besar atau makro sama halnya dengan unsur Nitrogen (N) dan Phosphor (P). Unsur ini dibutuhkan oleh tanaman untuk mengaktifkan enzim-enzim didalam tanaman.


Manfaat dan fungsi Kalium (K) untuk tanaman
Unsur K di pasaran diperjualbelikan secara terpisah seperti pupuk KCL ataupun secara dikombinasikan dengan pupuk lainnya seperti contoh pupuk NPK Ponska. Bentuk dari pupuk K biasanya berbentuk granul atau butiran yang larut didalam air, warna cenderung lebih merah jika dibandingkan dengan urea namun ada juga yang berwarna biru.

Pemupukan Kalium (K) bisa dengan cara ditebar atau ditaburkan langsung pad tanaman, pupuk jenis ini bisa dikombinasikan dengan jenis pupuk lainnya seperti Urea dan SP-36. Manfaat dan fungsi dari Kalium sendiri bagi tanaman adalah sebagai berikut,

  1. Meningkatkan kualitas buah (contohnya Rasa dan Rendemen)
  2. Sebagai aktivator pada enzim tanaman
  3. Membantu penyerapan air dan unsur hara dari tanah oleh tanaman
  4. Membantu transportasi hasil asimilasi dari daun ke jaringan tanaman
  5. Membantu dalam pembentukan karbohidrat dan protein pada tanaman
  6. Merangsang perakaran baru untuk tumbuh
  7. Dapat membantu menguatkan batang


Unsur Kalium (K) dialam bisa diperoleh dari bahan organik salahsatunya adalah dengan menggunakan sabut kelapa, sabut kelapa sendiri mempunyai kandungan Kalium cukup tinggi, namun untuk memperolehnya terlebih dahulu perlu diadakan proses yakni dibuat Mol sabut kelapa. Demikian artikel tentang manfaat dan fungsi dari unsur Kalium untuk tanaman, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

No comments

Post a Comment