Tuesday, May 23, 2017

Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.)

Cecenet atau ciplukan adalah tumbuhan yang termasuk kedalam golongan tumbuhan gulma pada lahan pertanian, biasanya cecenet atau cipluk... thumbnail 1 summary

Cecenet atau ciplukan adalah tumbuhan yang termasuk kedalam golongan tumbuhan gulma pada lahan pertanian, biasanya cecenet atau ciplukan ini tumbuh dipinggir pematang sawah, pinggiran irigasi dan tempat lainnya. tumbuhan ini termsuk kedalam tumbuhan tahunan dengan mempunyai tinggi tanaman sekitar 1 meteran.


Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.)
Cecenet atau ciplukan mempunyai nama yang beragam ditiap daerahnya, seperti di Madura menyebutnya dengan yor-yoran, di Pulau Seram disebut Lapononat, angket, kepok-kepokan, di Bali disebut Keceplokan, Minahasa disebut Leletokan dab orang inggris menyebutnya Morel Berry. sedangkan Cecenet sendiri mempunyai nama latin
Physalis angulata L.

Habitat dari tumbuhan Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.) adalah didataran tropis seperti di Indonesia, tumbuhan ini bisa tumbuh sampai pada ketinggian 1550 mdpl. tumbuhan ini bisa ditemukan dengan mudah seperti pada pematang sawah, tegalan, tepi jalan, disemak-semak, dikebun dan dihutan.

Tumbuhan Cecenet atau ciplukan ini diklasifikasikan termasuk kedalam kelas tumbuhan dikotil atau tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua, untuk lebih lengkapnya tentang klasifikasi cecenet ini bisa dilihat dibawah ini,

Klasifikasi Cecenet atau ciplukan
(Physalis angulata L.)
Kingdom
Plantae
Divisi
Spermatophyta
Sub Divisi
Angiospermae
Kelas
Dicotyledonnae
Ordo
Solanales
Famili
Solanaceae
Genus
Physalis
Spesies
Physalis angulata L.

Walaupun sebagai gulma, tumbuhan cecendet ini ternyata sangat diperlukan dikalangan masyarakat, seperti contohnya akar dari tumbuhan cecendet atau ciplukan ini bisa dipakai sebagai obat cacing dan dipercaya dapat menurunkan panas akibat demam. sedangkan tumbuhan ini mempunyai buah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit kuning dan sulit buang air kecil.

Buah cecenet ini berwarna hijau jika masih mentah namun jika sudah matang warna akan berubah menjadi kuning, buah cecent sendiri sedikit unik karena buah nya dibungkus seperti kubah. buah cecenet bisa dikonsumsi secara langsung dan mempunyai rasa sedikit masam dan manis.

Pengendalian gulma Cecenet atau ciplukan ini bisa dengan cara dicabut atau disemprot dengan menggunakan herbisida, untuk dilahan pesawahan bisa langsung di olah saja saat pengolahan lahan yang pertama.

Demikian uraian singkat tentang artikel Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.), semoga bisa menambah referensi tentang gulma yang satu ini. semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments

Post a Comment