Friday, May 12, 2017

Bunga Kipait atau Kembang bulan (Tithonia diversifolia)

Bunga Kipait atau kembang bulan adalah salahsatu gulma yang bisa dijadikan tanaman hias karena mempunyai bunga yang berwarna kuning dan te... thumbnail 1 summary

Bunga Kipait atau kembang bulan adalah salahsatu gulma yang bisa dijadikan tanaman hias karena mempunyai bunga yang berwarna kuning dan terlihat indah saat dipandang, bunga kipait ini tumbuh baik pada dataran sedang namun menurut sebuah artikel bunga kipat mampu hidup disekitar ketinggian 550 meter sampai 1950 meter.


Bunga Kipait atau Kembang bulan (Tithonia diversifolia)
Bunga kipait mempunyai banyak nama tergantung pada tempat ia tumbuh, seperti contohnya di NTT disebut dengan nama bunga kuning, kembang bulan di Jawa, kipait di Sunda, Buatong di Thailand, Jalate di Spanyol dan Mexican sunflower sebutan yang dipakai di negara Meksiko.

Klasifikasi bunga Kipait atau Kembang bulan (Tithonia diversifolia)

Klasifikasi bunga kipait atau kembang bulan
(Tithonia diversifolia)
Kingdom
Plantae
Angiosperms
Eudicots
Asterids
Order
Asterales
Family
Asteraceae
Genus
Tithonia
Species
T. diversifolia

tumbuhan dengan nama latin Tithonia diversifolia ini diperkirakan berasal dari dataran meksiko bagian timur dan mulai berkembang ke seluruh bagian Amerika termasuk di daerah bagian Amerika serikat. Penyebaran bunga kipait dibawa ke benua Asia dan Afrika awalnya sebagai tanaman hias, seiring waktu pertumbuhan yang pesat bunga kipait tersebut sekarang telah menjadi gulma yang menggantu lahan petani, tumbuhan ini biasanya tumbuhan ini ditemukan di pinggiran-pinggiran sungai. Kondisi yang cocok untuk tumbuh pada tanaman ini adalah dengan kisaran suhu 15-31 derajat Celcius, dengan curah hujan 1000 sampai 2000 mm namun tumbuhan ini bisa tahan dengan kekeringan yang cukup ekstim.

No comments

Post a Comment