Friday, May 12, 2017

7 Manfaat Kacang hijau (Vigna radiata) yang terlewatkan

Terlepas dari kandungan yang terdapat didalam kacang hijau seperti Protein, serat, vitamin dan mineral ternyata tersimpan banyak manfaat d... thumbnail 1 summary

Terlepas dari kandungan yang terdapat didalam kacang hijau seperti Protein, serat, vitamin dan mineral ternyata tersimpan banyak manfaat didalamnya, manfaatnya didapat dengan mengkonsumsi kacang hijau ternyata bisa menjaga kesehatan kita, bahkan bagi wanita kacang hijau juga bisa dijadikan bahan baku untuk kecantikan.


Manfaat Kacang hijau
Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan salahsatu kacang yang sering ditanam petani, biasanya kacang jenis ini ditanam pada musim palawija yakni pada kisaran bulan agustus dan september, kacang hijau tergolong pada tanaman jenis polong-polongan yang diambil dan dimanfaatkan polongnya sebagai bahan baku makanan ataupun bahan baku lainnya.

Kandungan seperti protein, serat dan zat besi yang terdapat didalam kacang hijau sangat kaya, sehingga seringkali kacang hijau menjadi salahsatu bahan baku yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, seperti halnya pada ibu hamil dan sebagai makanan pendamping asi pada batita (bawah tiga tahun). Adapun manfaat yang terdapat pada kacang hijau adalah sebagai berikut,

1. Membantu regenerasi sel pada kulit

Kandungan protein nabati yang terdapat didalam kacang hijau yang sangat melimpah bisa membantu meregenerasi sel pada kulit sehingga jika anda terkena luka pada kulit di anjurkan mengkonsumsi kacang hijau secara teratur namun jangan berlebihan.

2. Pembentukan sel darah merah

Tidak heran kenapa jika kita selesai melakukan donor darah kita akan diberi bubur kacang hijau oleh perawatnya, ya.. karena kandungan seperti protein dan zat besi yang terdapat pada kacang hijau ternyata dapat membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh kita.

3. Pembentukan otot pada anak-anak

Kacang hijau sangat bermanfaat bagi anak-anak karena pada masa anaka-anaklah pembentukan otot dimulai, dengan saupan protein yang cukup dapat membantu dalam pembentukan otot, dengan mengkonsumsi kacang hijau dapat memenuhi kebutuhan protein didalam tubuh terutama protein nabati.

4. Pembentukan otot pada orang dewasa

Bagi yang suka fitnes untuk memperbesarkan ototnya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. konsumsi kacang hijau bisa berupa jus ataupun yang sering kita temukan yakni bubur kacang, kacang hijau ternyata dipercaya dapat menumbuhkan otot dan untuk yang sedang melakukan diet ternyata kacang hijau sangat cocok dijadikan rekomendasi pendamping makanan sehari-hari.

5. Cocok untuk diet

Seperti yang sudah dibahas diatas, kacang hijau sangat cocok untuk dijadikan makanan pendamping untuk anda yang sedang diet, karena kandungan seperti protein dan serat sangat cocok dan baik bagi tubuh anda terutama pada otot.

6. Baik untuk ibu hamil dan janin

Kandungan yang terdapat didalam kacang hijau dipercaya dapat membantu pertumbuhan sel pada janin, sehingga ibu hamil yang rajin mengkonsumsi kacang hijau umumnya memiliki bayi yang berambut lebat dan sehat.

7. Sebagai makanan pendamping ASI (Air susu Ibu)

Bayi yang sudah berumur 6 bulan biasanya sudah mulai diberi makanan awal atau kita sering menyebutnya dengan makanan pendamping ASI, makanan pendamping ASI ini biasanya kaya akan protein agar bayi bisa tumbuh dengan sehat. salahsatu yang direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI adalah kacang hijau.

Demikian artikel tentang Manfaat Kacang hijau (Vigna radiata) yang terlewatkan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca khususnya untuk penulis, akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung di blog sampul pertanian, kunjungi terus blog sampulpertanian dan dapatkan tips dan informasi lainnya.

No comments

Post a Comment